Sukses

Health

5 Makanan Yang Bikin Demam Makin Parah, Sebaiknya Dihindari

Perubahan cuaca kerap kali membawa dampak buruk bagi kesehatan. Entah itu demam, pilek, radang tenggorokan, yang membuat badan rasanya sakit semua dan tidak nyaman.

Tak hanya obat dan istirahat cukup saja yang kamu butuhkan, karenakamu juga memerlukan makanan sehat yang akan membantu memberikan nutrisi dan mengembalikan metabolisme tubuh. Misalnya saja makanan atau minuman yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, wortel, apel, dan lain sebagainya.

Pun demikian ada juga makanan yang justru akan memperparah demam, apa saja ya? Seperti dilansir Yahoo Shine, berikut adalah makanan dan minuman yang justru dapat memperparah demam.

 

Alkohol

Alkohol akan membuat tubuh menjadi dehidrasi dan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Alhasil kamu akan semakin jatuh sakit dan radang tenggorokan akan semakin parah.

Jus buah

Lho bukankah tadi disebutkan kalau jus buah kaya akan vitamin C? Memang benar, namun jus buah yang terlalu banyak mengandung gula sebaiknya dihindari. Gula dapat mengurangi fungsi sel-sel darah putih dan membuat sistem kekebalan tubuh terganggu.

 

Gorengan

Aneka makanan yang digoreng lebih baik dihindari ketika demam. Lemak jenuh akan mengacaukan pencernaan dan membuat tubuh jadi sulit mencerna nutrisi dengan baik.

 

Kopi

Kafein dapat menyebabkan dehidrasi. Dan sebagai gantinya, saat sedang demam memang sebaiknya disarankan minum banyak air mineral, bukan minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi.

 

Produk susu

Penelitian menunjukkan bahwa aneka produk susu seperti keju, roti, yogurt, dan lain sebagainya dapat menyebabkan peningkatan produksi lendir di dalam tubuh. Sehingga lebih baik hindari terlebih dahulu aneka produk susu selagi demam dan batuk.

Selain makanan atau minuman di atas, hendaknya saat sedang demam memang tidak mengonsumsi makanan atau minuman dingin. Lebih baik makan atau minum yang hangat agar lekas sembuh. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading