Sukses

Health

7 Cara Efektif Mencegah Berat Badan Naik Saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Banyak yang mengharapkan untuk mendapatkan berat badan ideal kala bulan puasa. namun sayangnya, asupan yang tidak terkontrol ketika berbuka puasa seringkali membuat berat badan naik. Padahal, selama bualn puasa, justru pola makan jadi lebih teratur. 

Lalu, bagaimana cara mensiasati berat badan agar tidak naik selama bulan puasa? apa yang harus dilakukan dan jenis makanan apa yang sebaiknya dihindari? Simak 7 cara efektif cegah berat badan naik saat puasa berikut ini. 

1. Jangan terlalu banyak konsumsi makanan manis

Berbuka puasa dengan makanan manis berguna untuk mengganti energi yang hilang selama puasa. Namun ingat, pastikan untuk konsumsi secukupnya. Pilih makanan manis yang sehat seperti kurma dan buah-buahan. Jika konsumsi takjil, pastikan untuk mengontrol porsi yang dikonsumsi. 

2. Sebaiknya hindari gorengan

Cara lainnya adalah dengan menghindari konsumsi gorengan. Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh yang sulit diolah tubuh. Bahkan kalori yang disumbang juga banyak. Jadi, usahakan untuk menghindari konsumsi gorengan saat berbuka puasa

3. Konsumsi sumber karbohidrat kompleks

Saat buka dan sahur, usahakan untuk konsumsi karbohidrat kompleks seperti oatmeal, nasi merah, dan lain sebagainya yang tinggi serat, sehingga energi tetap terjaga dan menimbulkan rasa kenyang lebih lama. 

4. Konsumsi sumber protein 

Kamu juga wajib perhatikan untuk konsumsi sumber protein seperti ayam, ikan, daging, dan telur. Pastikan untuk perhatikan cara memasaknya. Usahakan untuk dimasak dengan cara panggang, rebus, atau kukus, sehingga tidak menambah kalori pada makanan. 

 

5. Konsumsi makanan sumber vitamin dan mineral

 

Ini bisa didapatkan dari sayur dan buah. Kita disarankan mengonsumsi sayur dan buah setidaknya 5 porsi saat buka puasa dan sahur agar tercukupi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat dalam sehari. 

 6. Jangan langsung tidur setelah makan

Setelah makan saat buka dan sahur, sebaiknya jangan langsung tidur. Beri waktu pada tubuh untuk mencerna semua makanan. Langsung tidur setelah makan justru dapat membuat berat badan naik dan tidur kurang nyenyak.

7. Lakukan aktivitas fisik

Jangan lupa untuk sisihkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga ringan setidaknya 30 menti setiap hari. Dengan cara ini maka bisa membantu tubuh tetap fit dan mengontrol berat badan agar terus terjaga. 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading