Sukses

Health

5 Minuman Ini Bantu Jaga Berat Badan setelah Ramadan

Fimela.com, Jakarta Setelah berpuasa sebulan penuh selama Ramadan, umumnya ada pola makan dan kebiasaan sehat yang terbentuk. Jadwal makan yang lebih teratur dan pola makan yang tidak berlebihan bisa membuat berat badan proporsional. Setelah Ramadan usai, kita pun masih bisa mengupayakan menjaga berat badan tetap proporsional.

Ada beberapa jenis minuman yang bisa bantu jaga berat badan tetap stabil. Melansir laman stylecraze.com, berikut ini lima jenis minuman detoks yang dapat dikonsumsi untuk bantu menurunkan berat badan. Selengkapnya, langsung saja simak di sini uraiannya.

 

1. Minuman Stroberi dan Kayu Manis

Siapkan 1 liter air. Tambahkan 8 buah stroberi yang sudah dipotong-potong. Tambahkan satu batang kayu manis dan daun mint. Diamkan di dalam kulkas selama semalaman.

Stroberi mengandung asam elagik. Asam elagik ini diyakini dapat membantu mencegah obesitas dan komplikasi yang menyertainya tapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengungkap manfaatnya lebih lanjut.

2. Minuman Jus Jeruk dan Wortel

Siapkan 1 buah jeruk, 1 buah wortel, 1 sdm madu, daun ketumbar, dan air. Siapkan food processor, masukkan semua bahan tersebut dan haluskan. Tambahkan es batu bila suka. Wortel memiliki kandungan beta karoten yang tinggi serat serat yang tinggi.

Kandungan vitamin C pada buah jeruk dapat membantu mengoksidasi sekitar 30 persen lebih banyak bila dikombinasikan dengan olahraga cukup. Minuman berbahan jeruk dan wortel bisa jadi kombinasi yang tepat untuk bantu menurunkan berat badan.

3. Minuman Lemon dan Mentimun

Siapkan irisan buah lemon dan buah mentimun. Tambahkan air secukupnya dan daun mint serta sejumput garam. Mentimun merupakan minuman rendah kalori dengan kandungan air yang tinggi.

Penelitian menemukan bahwa diet dengan massa jenis energi yang rendah bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan dengan efektif. Infused water dengan irisan mentimun dan lemon bisa bantu meningkatkan energi dan metabolisme tubuh.

 

4. Minuman Madu, Lemon, dan Jahe

Kombinasi tiga bahan ini bisa menjadi minuman "ajaib" untuk bantu menurunkan berat badan. Siapkan segelas air hangat. Tambahkan 1 ruas jahe yang sudah diparut, air perasan lemon, dan 1 sdm lemon. Aduk rata dan minum selagi hangat.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh San Diego State University pada tikus menemukan bahwa madu bisa bantu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas.

5. Minuman Teh Hijau dan Lemon

Seduh sekantung teh hijau dengan air panas. Tambahkan air perasan jeruk lemon. Minum selagi hangat. Teh hijau mengandung katekin yang memberi efek anti adipositas.

Adipositas adalah kelebihan timbunan lemak pada tubuh. Sementara itu kandungan polifenol pada ekstrak kulit lemon diyakini dapat bantu menurunkan berat badan.

Semoga infonya bermanfaat, ya. Tetap jaga kesehatan tubuh dengan baik melalui pola makan dan minum yang sehat.

#WomenforWomen

Loading