Sukses

Health

Hati-Hati, Ini 5 Tanda Kolesterol Tinggi Namun Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Lebaran telah tiba. Setelah berpuasa selama satu bulan penuh, saat lebaran tiba tidak sedikit orang yang kurang bisa mengontrol pola makan serta pola hidupnya. Adanya banyak makanan lezat saat lebaran, membuat kita kalap mata. Banyak orang yang lupa bahwa ia harus tetap menjaga kesehatan tubuhnya.

Sering kali sebagian besar dari kita mengeluhkan tubuh yang mudah lelah selepas lebaran. Bukan karena banyaknya aktivitas, bisa jadi kelelahan ini terjadi karena kadar kolesterol dalam tubuh sedang tinggi-tingginya. Mengingat begitu banyak makanan tinggi kolesterol yang dikonsumsi saat lebaran. 

Untuk mengetahui gejala atau tanda tinggi tidaknya kolesterol dalam tubuh, sebenarnya kita bisa mengetahuinya di rumah secara mudah. Sayangnya kita sering mengabaikan hal ini. Melansir dari laman healthline.com, berikut beberapa tanda yang menunjukkan jika kolesterol tinggi setelah lebaran. 

Mudah Lelah

Tanda pertama adalah tubuh merasa mudah lelah. Tubuh yang sangat lelah bisa terjadi karena alirah darah dalam tubuh tidak bekerja dengan baik akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah. Tak hanya mudah lelah, pengidap kolesterol tinggi juga sering merasa sakit di tengkuk serta berat saat melangkah.

Nyeri Dada

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa nyeri dada juga menjadi tanda tingginya kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi bisa membuat saluran arteri tersumbat. Inilah yang kemudian membuat dada terasa nyeri.

Rasa Sakit pada Rahang

Rasa sakit pada rahang yang tidak jelas disebabkan oleh apa juga menjadi tanda tingginya kolesterol dalam tubuh. Rahang yang sakit menjadi tanda bahwa alirah darah ke otak atau jantung tersumbat akibat tingginya kolesterol dalam tubuh. 

Kaki dan Tangan Kesemutan

Tingginya kolesterol bisa menghambat aliran darah karena kolesterol bersifat mengentalkan darah dan saraf. Inilah yang kemudian membuat kaki serta tangan atau anggota tubuh lain sering merasa kesemutan bahkan sakit.

Mudah Mengantuk

Selain mudah lelah, tingginya kadar kolesterol dalam tubuh juga ditandai dengan risiko mudah mengantuk. Orang yang mudah mengantuk bahkan ketika sudah memiliki tidur cukup bisa jadi memiliki kadar kolesterol tinggi.

Itulah beberapa hal yang menandakan bahwa kadar kolesterol tinggi. Jika merasakan beberapa tanda ini, pastikan untuk memperbaiki pola hidup. Pastikan juga untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa menurunkan kadar kolesterol secara alami. Miliki waktu istirahat dan olahraga cukup juga untuk menstabilkan kolesterol yang ada.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading