Sukses

Health

Kenapa Tubuh Terasa Pegal dan Sakit Sebelum Haid? Ini Kata Ahli

Fimela.com, Jakarta Saat menjelang haid, tidak jarang tubuh terasa pegal dan sakit. Perut pun akan terasa kram selama berhari-hari sebelum haid. Hal ini merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap perempuan. 

Tidak seimbangnya hormon dalam tubuh akan membuat tubuh rentan sakit dan terasa tidak nyaman menjelang haid. Tidak hanya tubuh yang terasa tidak nyaman, ketidakseimbangan hormon juga memicu suasana hati menjadi kurang baik. 

Melansir dari laman health.com, selain ketidakseimbangan hormon, ada beberapa penyebab lain yang membuat tubuh terasa pegal dan sakit menjelang haid. Apa saja penyebab tersebut?

Penyebab Tubuh Pegal Menjelang Haid

Para ahli mengungkapkan jika tubuh terasa pegal dan tidak nyaman saat menjelang haid bisa dipicu oleh beberapa hal. Hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut: 

  • Pola makan yang tidak sehat atau tidak baik. 
  • Kelelahan kronis.
  • Kegemukan atau tubuh yang terlalu kurus. 
  • Penggunaan atau konsumsi jenis obat-obatan tertentu. 
  • Kurangnya olahraga atau aktivitas fisik sehingga otot tubuh tidak bekerja dengan baik dan kaku. 
  • Risiko stres dan gangguan kecemasan sejenis. 
  • Adanya risiko penyakit seperti penyakit kelenjar tiroid dan PCOS atau Sindroma Polikistik Ovarium. 

Itulah beberapa penyebab dari badan pegal menjelang haid. Untuk mengatasi badan pegal berlebih sebelum haid, pastikan untuk memiliki pola makan dan hidup sehat. Miliki olahraga cukup setiap harinya, perbanyak konsumsi air putih dan miliki istirahat cukup. Jika berat badan berlebih, lakukan diet untuk mendapatkan berat badan yang lebih ideal. 

Jika gangguan badan pegal tidak kunjung sembuh atau bahkan lebih parah, jangan segan untuk memeriksakan kondisi kesehatan ke ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading