Sukses

Health

5 Minuman yang Bermanfaat Menurunkan Nyeri Haid

Fimela.com, Jakarta Menstruasi  atau haid merupakan hal yang tidak asing bagi setiap perempuan. Menstruasi merupakan  proses terjadinya perdarahan pada uterus yang mengalir dari rahim dan keluar melalui vagina. Ini merupakan siklus normal yang umumnya terjadi pada perempuan di setiap bulannya. Menstruasi dapat disebut juga dengan haid atau terkadang datang bulan.

Mengenai siklus menstruasi, ada beberapa momen yang membuat siklus ini terasa tidak nyaman. Melansir dari laman health.com, menjelang menstruasi bahkan sering terjadinya PMS atau premenstruasi dan menyebabkan nyeri serta pegal di badan juga perut. Perubahan hormon menjelang menstruasi juga membuat suasana hati menjadi kurang bahagia, badan mudah lelah, kepala pusing serta emosi tidak stabil. Jadi, penting bagi setiap perempuan yang sedang menstruasi atau menjelang menstruasi untuk minum beberapa minuman yang bermanfaat menurunkan nyeri menstruasi. 

Adapun beberapa minuman tersebut antara lain sebagai berikut.

Air Putih

Minuman pertama yang bermanfaat menurunkan nyeri menstruasi adalah air putih. Saat menstruasi, usahakan untuk minum air putih lebih banyak dari biasanya. Konsumsi air putih cukup juga bermanfaat menghidrasi tubuh dan membuat suasana hati menjadi lebih nyaman.

Teh Jahe

Minuman selanjutnya yang sebaiknya dikonsumsi saat menstruasi adalah teh jahe. Teh jahe bermanfaat meringankan rasa nyeri akibat menstruasi. Teh jahe juga bermanfaat membuat suasana hati lebih nyaman, bahagia dan tenang. Jahe mengandung anti-inflamasi yang bisa meredakan nyeri termasuk nyeri menstruasi.

Yoghurt

Minuman selanjutnya adalah yoghurt. Yoghurt mengandung kalsium dan magnesium yang banyak dan baik dikonsumsi saat menstruasi. Yoghurt juga bersifat menyehatkan sistem pencernaan sehingga bisa menurunkan rasa nyeri selama menstruasi.

Cokelat Panas

Minum segelas cokelat panas bisa bermanfaat membuat suasana hati semakin bahagia. Cokelat juga kaya akan zat besi dan magnesium yang diperlukan saat menstruasi. Cobalah untuk minum cokelat panas saat menstruasi untuk meredakan nyeri serta membuat suasana hati lebih baik.

Jus Buah

Jus buah kaya akan nutrisi dan gizi di dalamnya. Jus buah dari aneka buah juga mengandung vitamin yang baik buat kesehatan tubuh. Aneka buah terutama yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, mentimun dan nanas bisa bantu meredakan nyeri selama menstruasi. Buah ini juga bisa bantu menghidrasi tubuh dengan baik. 

Itulah beberapa minuman yang bermanfaat meredakan nyeri menstruasi. Usahakan untuk minum beberapa minuman ini selama menstruasi demi mendapatkan kenyamanan yang maksimal. Kamu juga bisa minum minuman lain seperti teh kunyit dan air kelapa muda untuk meredakan nyeri menstruasi dan membuatnya semakin lancar. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading