Sukses

Health

4 Penyebab Lidah Mati Rasa yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Lidah merupakan indera pengecap yang memiliki peranan penting untuk mengidentifikasi atau mengenali beragam rasa. Misalnya, ketika kamu mengonsumsi makanan, maka kamu akan tahu atau bisa merasakan manis, pahit, atau asam karena adanya fungsi lidah. 

Lalu, bagaimana jika lidah kamu mati rasa atau tidak bisa mengecap rasa apapun saat mengonsumsi makanan dan minuman? Biasanya hal ini akan mudah ditemui saat seseorang baru saja selesai melakukan tindakan operasi karena adanya anestesi. 

Masih ada beberapa kondisi lainnya yang juga menyebabkan lidah mati rasa. Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 4 penyebab lidah mati rasa yang perlu diketahui. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

 

1. Mengalami Keracunan

Penyebab lidah mati rasa yang pertama ialah karena adanya zat beracun yang masuk ke dalam mulut. Hal ini bisa terjadi jika kita tidak memperhatikan kondisi makanan yang kita konsumsi. 

Sebagai contohnya saat kamu mengonsumsi seafood atau makanan laut. Zat beracun dapat ditemukan dalam makanan laut seperti ikan dan belut dapat menyebabkan lidah mati rasa dan juga kesemutan. Biasanya zat beracun ini ditemukan pada kulit, hati, dan indung telur ikan.

2. Efek Pasca Operasi

Mati rasa pada lidah, bibir, dan bagian dalam mulut bisa terjadi karena proses anestesi pascaoperasi gigi. Biasanya kondisi ini hanya terjadi sementara dan tidak berakibat fatal sehingga kamu tidak perlu panik atau khawatir. Dalam hitungan jam setelah efek anestesinya hilang, maka lidah bisa difungsikan normal kembali. 

3. Terkena Infeksi Virus

Selanjutnya, kondisi lidah yang mati rasa juga bisa disebabkan karena terkena infeksi virus. Virus herpes mulut, virus cacar, dan herpes zoster menjadi penyebab dari lidah mati rasa. Infeksi ini umumnya diawali dengan sariawan yang parah.

4. Keseimbangan Gizi dalam Tubuh

Terakhir, lidah mati rasa juga bisa disebabkan karena ketidakseimbangan vitamin dan mineral pada tubuh. Pasalnya, kelebihan dan kekurangan kalsium, natrium, kalium, dan vitamin B12 juga berhubungan dengan lidah mati rasa. Oleh karena itu, perhatikan asupan gizi yang kamu konsumsi setiap hari. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading