Sukses

Health

Posisi Miring Kiri, Posisi Tidur yang Disarankan Untuk Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan. Di momen ini, ibu hamil penting untuk lebih hati-hati dalam menjaga kesehatan tubuhnya dan kesehatan janin di dalam kandungannya. Ada beragam hal baru yang dirasakan ibu hamil selama kehamilannya. Ada beragam saran dan aturan yang juga penting dipatuhi demi kesehatan serta keselamat ibu maupun janin. 

Demi kenyamanan dan kesehatan saat hamil, salah satu hal yang penting diperhatikan saat hamil adalah posisi tidur. Para ahli menyarankan agar ibu hamil tidur dengan posisi miring kiri demi mendapatkan tumbuh kembang maksimal pada janin. Posisi miring kiri juga memungkinkan ibu hamil tidur lebih nyenyak, nyaman dan menurunkan risiko sakit pegal, nyeri otot atau sakit punggung selama hamil

Posisi Tidur Miring Kiri Baik untuk Ibu dan Janin

Melansir dari laman medicalnewstoday.com, tidur dengan posisi miring kiri bermanfaat menurunkan berbagai keluhan saat hamil seperti nyeri otot, nyeri punggung dan pegal-pegal. Posisi tidur ini juga mencegah tersumbatnya aliran darah dari tubuh ibu ke janin. 

Dengan lancaranya aliran darah ke plasenta, ini bisa membantu janin di kandungan tumbuh dan berkembang secara maksimal. Posisi tidur miring juga bermanfaat mencegah rahim menekan hati di sisi kanan perut. Posisi miring ke kiri bisa dilakukan di kehamilan trimester pertama hingga ketiga. 

Jika posisi tidur miring kiri sangat disarankan, ada satu posisi yang sebaiknya dihindari saat hamil. Posisi tersebut adalah posisi terlentang. Di trimester kedua dan ketiga, posisi tidur terlentang sangat disarankan untuk dihindari. Ini karena posisi tidur ini bisa berbahaya buat kesehatan dan keselamatan mom maupun janin. Pasalnya, posisi tidur terlentang bisa menimbulkan tekanan pada pembuluh darah besar dan berisiko menghambat alirah darah ke janin.

Semoga informasi ini bermanfaat. Bagi Sahabat Fimela yang sedang hamil, pastikan untuk menjaga kesehatan dengan sebaik mungkin. Menjaga kesehatan tak hanya bermanfaat untuk diri sendiri tetapi juga bermanfaat untuk janin di kandungan.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading