Sukses

Health

5 Fakta Unik Minyak Zaitun yang Mengejutkan

Fimela.com, Jakarta Minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak yang digunakan banyak orang. Minyak zaitun bisa digunakan untuk memasak, bahkan menjadi bahan alami yang berkhasiat merawat kecantikan kulit tubuh. 

Berbicara soal zaitun, tahukah kamu zaitun sebenarnya merupakan pohon kecil tahunan yang hijau abadi dan memiliki buah. Buah inilah yang disebut sebagai buah zaitun.

Ada banyak fakta menarik mengenai minyak zaitun. Salah satu faktanya ialah minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang bisa dikonsumsi secara langsung. Masih ada fakta menarik lainnya yang perlu kamu tahu. 

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 fakta unik minyak zaitun yang mengejutkan. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Minyak Zaitun Bisa Dikonsumsi secara Langsung

Dari sekian banyak jenis minyak yang sering digunakan, minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang bisa dikonsumsi secara langsung. Tidak perlu khawatir, mengonsumsi minyak zaitun secara langsung ternyata membawa manfaat kesehatan untuk tubuh. 

Beberapa sumber menyebutkan bahwa meminum minyak zaitun, dapat membantu meredakan sembelit dan menyehatkan jantung. Selain itu, rutin meminum satu sendok minyak zaitun juga berkhasiat melancarkan sistem pencernaan. 

2. Minyak Zaitun Bantu Turunkan Kolesterol

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, minya zaitun ternyata memiliki khasiat yang dapat mencegah penyakit berbahaya. Pasalnya, mengonsumsi minyak zaitun dapat membantu menurunkan kolesterol LDL sehingga kamu terhindar dari penyakit jantung. Sebab, kandungan asam lemak tak jenuh tunggal, antioksidan, klororofil, karoten, dan senyawa polifenolik meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh. 

Apabila kamu rutin mengonsumsi minyak zaitun dua sendok makan setiap hari, maka dalam waktu sepekan saja kadar oksidasi kolesterol LDL akan menurun. Maka dari itu, pola makan khusus ini ternyata dapat mencegah berbagai penyakit kanker, menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah, serta memperbaiki metabolisme glukosa dan fungsi otak agar tetap dalam kondisi normal.

3. Minyak Zaitun Lebih Baik Jika Dikonsumsi Bersama Makanan

Meskipun bisa diminum atau dikonsumsi secara langsung, namun kamu lebih disarankan untuk mencampurkan minyak zaitun bersama makanan. 

Hal ini karena kandungan gizi pada minyak zaitun jumlahnya tidak banyak sehingga kamu tidak akan mendapatkan manfaatnya secara maksimal jika hanya diminum secara langsung. Maka dari itu, sebaiknya campurkan minyak zaitun dengan beberapa makanan atau menggunakannya untuk memasak. Kamu bisa membuat beragam sajian dengan campuran minyak zaitun, salah satunya adalah salad buah dan sayur. 

 

4. Minyak Zaitun Bantu Memenuhi Asupan Lemak Sehat

Minyak zaitun memang kaya nutrisi dan manfaat. Bagaimana tidak, mengonsumsi minyak zaitun ternyata dapat membantu kamu memenuhi asupan lemak sehat.

Minyak zaitun merupakan sumber tumbuhan yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA). Maka dari itu, jika kamu rutin mengonsumsi minyak zaitun, maka kebutuhan MUFA dalam tubuh akan terpenuhi dengan baik. Tidak bisa diremehkan, peran MUFA sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. 

5. Minyak Zaitun Bisa Digunakan sebagai Pembersih Riasan Wajah Alami

Terakhir, fakta unik tentang minya zaitun yang satu ini mungkin akan membuat kamu terkejut. Pasalnya, minya zaitun ternyata dapat kamu gunakan sebagai pembersih riasan wajah alami. 

Tentu saja ini bisa menjadi alternatif untuk kamu yang engga menggunakan produk pembersih makeup dengan banyak bahan kimia. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun murni setalah memakai makeup sehari-hari dengan cara dioleskan dan dipijat lembut di wajah. Gunakan minyak zaitun sebagai pembersih riasan makeup awal di wajah, setelahnya bilas dengan handuk yang direndam air hangat. 

What's On Fimela
Loading