Sukses

Health

5 Penyebab Pilek di Pagi Hari yang Bikin Tak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Hidung tersumbat, bersin, postnasal drip, batuk, pilek, merupakan salah satu reaksi umum pada suatu alergen. Alergi akan muncul kapan saja sepanjang tahun, terutama selama musim semi, musim panas, bahkan hingga musim gugur. Pernahkah kamu mengalami pilek di pagi hari? Perasaan satu ini mungkin membuat kebanyakan orang tidak nyaman.

Pilek terkadang akan membuat hidung menjadi meler dan membuat kita terjadi di sepanjang malam, setiap orang tentu pernah mengalami hidung yang meler atau disebut sebagai rhinorrhea.

Pilek di pagi hari terkadang akan menghasilkan suara yang bindeng dan ketidaknyamanan saat bangun tidur, meskipun tidak membuat khawatir tetapi terkadang pilek dapat menandakan adanya masalah yang serius. Berikut beberapa penyebab pilek di pagi hari yang bikin penasaran:

1. Alergi

Rhinitis alergi biasanya dapat mempengaruhi banyak orang dan dapat disebabkan oleh lingkungan sekitar yang dapat memicu respons alergi, Selain itu terkadang ketika tubuh mengalami respons alergi dapat menyebabkan lapisan hidung membengkak dan menghasilkan banyak lendir.

Beberapa orang yang mengalami rhinitis alergi biasanya akan merasakan pilek di pagi hari, selain itu jika pada pagi hari kamu mengalami pilek secara tiba-tiba bisa jadi hal ini menandakan adanya paparan alergen tertentu pada malam hari seperti debu, tungau, maupun bulu hewan peliharaan.

2. Flu Biasa

Mungkin kamu akan mengalami lebih sedikit pilek selama setahun terakhir dan terpapar lebih sedikit kuman saat menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Akan tetapi, jika kamu mengalami sesak dalam waktu singkat selama beberapa minggu saat bangun tidur, maka dapat menandakan pilek yang dapat menyerang lapisan hidung. Gejala pilej juga dapat muncul secara bertahap seperti hidunh yang tersumbat, sakit tenggorokan, atau bahkan sakit kepala.

3. Lingkungan

Cuaca yang sangat dingin atau panas, kelembapan, atau berada pada lingkungan yang penuh asap dan debu ternyata dapat menyebabkan hidung tersumbat.

4. Kehamilan

Masa kehamilan ternyata dapat menyebabkan banyak perubahan tubuh salah satunya adalah peradangan pada lapisan hidung karena adanya hormon. Hidung yang tersumbat juga akan mereda dengan sendirinya ketika kamu tidak lagi hamil.

5. Terlalu Sering Menggunakan Semprotan Hidung

Pernahkah kamu menggunakan semprotan pada hidung? Beberapa penggunaan semprotan hidung yang berlebihan ternyata dapat membuat hidung tersumbat atau pilek saat bangun tidur di pagi hari.

Gejala alergi di pagi hari juga bisa menganggu kualitas tidur di malam hari, selain itu kamu juga membutuhkan obat resep untuk menentukan penyebab gejala dan mengatasi gejala lainnya. Meskipun membuat kita tidak nyaman saat bangun tidur, beberapa masalah pilek di pagi hari dapat mereda dengan sendirinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading