Sukses

Health

Mencukupi Kebutuhan Vitamin C Bermanfaat Mengobati Pilek

Fimela.com, Jakarta Vitamin C menjadi salah satu asupan nutrisi yang penting untuk tubuh ketika sakit terutama saat batuk dan pilek. Mengonsumsi vitamin C saat sakit bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengobati sakit yang ada terutama sakit pilek

Melansir dari laman healthline.com, kamu bisa mengonsumsi vitamin C selama sakit untuk mempercepat masa pemulihan. Meski begitu, konsumsi vitamin C harus dilakukan dengan dosis yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dosis yang berlebihan justru tidak baik untuk kesehatan ke depannya.

Berapa Banyak Dosis Vitamin C yang Boleh Dikonsumsi Saat Sakit?

Masing-masing orang memiliki takaran dosis yang berbeda-beda. Ini tergantung dengan asupan kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Bagi orang-orang yang menderita asam lambung atau gangguan pada sistem pencernaan, tidak diianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C secara berlebihan. 

Mengutip dari laman WebMD.com, aturan dosis vitamin C yang boleh dikonsumsi sehari-hari adalah sebagai berikut: 

  • Perempuan 19 tahun ke atas yakni kurang lebih 65 mg
  • Laki-laki 19 tahun ke atas yakni kurang lebih 90 mg
  • Ibu hamil usia 19 tahun ke atas yakni kurang lebih 85 mg
  • Ibu menyusui usia 19 tahun ke atas yakni kurang lebih 120 mg

Sedangkan untuk orang sakit, dosis yang boleh dikonsumsi adalah 200 mg per hari hingga 8 gram per hari. Ini merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh para ahli di University of Helsinki, Finlandia dan penelitian di Harvard-affiliated Beth Israel Deaconess Medical Center.

Makanan dan Minuman yang Kaya Vitamin C

Selain didapat dari vitamin yang dijual di pasaran, kamu bisa mengonsumsi vitamin C dari makanan dan minuman alami. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin C antara lain buah jambu biji merah, buah jeruk, buah kiwi, paprika, cabai, buah stroberi,  buah pepaya dan sayur brokoli. 

Tak hanya bermanfaat mengobati pilek, mencukupi kebutuhan vitamin C setiap hari juga bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mencegah risiko sakit apalagi sakit batuk pilek. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading