Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Health

Bolehkah Berhubungan Intim saat Menstruasi? Cek di Sini

Fimela.com, Jakarta Berhubungan intim menjadi aktivitas yang penting bagi pasangan suami istri. Apalagi untuk pasangan suami istri yang masih pengantin baru. Tidak sedikit pasangan ini yang begitu antusias untuk berhubungan intim sesuka hati mereka untuk berhubungan intim kapan saja. 

Mengenai hubungan intim, melansir dari laman health.com, hubungan intim bisa dilakukan setiap hari jika memang pasangan merasa nyaman untuk hal itu. Hubungan intim juga bisa dilakukan kapan saja bahkan ketika sang istri sedang hamil. Namun, bagaimana dengan hubungan intim yang dilakukan saat menstruasi? Apakah ini boleh dilakukan? 

Hubungan Intim Saat Menstruasi

Carrie Coleman, MD seroang Obgyn Massachusetts General Hospital, di Boston, mengungkapkan jika hubungan intim merupakan bagian normal dari kehidupan dan sebaiknya menjadi sesuatu yang dapat dinikmati oleh semua perempuan kapan saja, termasuk ketika menstruasi.

"Meski begitu pada dasarnya, pastikan kamu memakai kontrasepsi yang baik dan pencegahan infeksi menular seksual (IMS) selama siklus menstruasi. Ini akan membuat hubungan intim jauh lebih aman dan menyenangkan," ujar Carrie dikutip Everyday Health. 

Jika dilihat dari kacamata medis, berhubungan intim ketika menstruasi atau datang bulan sebenarnya boleh saja dilakukan. Hanya saja, ada beberapa risiko yang bisa saja terjadi. Risiko akan lebih besar jika hubungan intim dilakukan tanpa cara dan kehati-hatian yang benar.

Risiko Berhubungan Intim Saat Menstruasi

Risiko pertama yang sangat dikhawatirkan oleh pakar kesehatan adalah Endometriosis. Jika Endometriosis dibiarkan saja, ini bisa menyebabkan tumor hingga kanker, dan bahkan meningkatkan risiko infertil. Risiko ini bisa terjadi karena darah menstruasi yang seharusnya keluar dari rahim kembali lagi ke rahim akibat adanya penetrasi. Menempelnya darah menstruasi dalam rahim inilah yang meningkatkan risiko endometriosis. 

Risiko selanjutnya adalah risiko infeksi dan rasa tidak nyaman selama berhubungan intim. Risiko lain adalah meningkatkan risiko infeksi jamur. Tidak menutup kemungkinan jika berhubungan intim saat menstruasi juga meningkatkan risiko kehamilan. 

Itulah sekilas informasi mengenai hubungan intim saat menstruasi. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga semakin bijak lagi dalam memutuskan kapan sebaiknya berhubungan dengan suami dan melakukannya dengan sangat hati-hati. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading