Sukses

Health

Efektivitas Vaksin Primer Menurun, Ini Manfaat Vaksin Booster Covid-19

Fimela.com, Jakarta Indonesia sedang mengalami kenaikan kasus COVID-19. Adanya kenaikan ini terjadi akibat subvarian Omicron baru BA.4 dan BA.5. Baru-baru ini, data menunjukkan kasus aktif COVID-19 di Indonesia berjumlah 14.516.

Salah satu cara mencegah penularan virus tersebut adalah dengan melakukan vaksinasi. Saat ini, pemerintah tengah mendorong masyarakat melakukan vaksinasi booster. Sayangnya, angka capaian vaksinasi booster saat ini justru masih terbilang rendah. 

Mengutip Liputan6.com, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada Sabtu, 25 Juni 2022 pukul 18.00 WIB melaporkan capaian vaksinasi booster di Indonesia baru 23,92 persen. Padahal, vaksinasi booster bisa menjadi upaya perlindungan jangka panjang. Yuk, simak informasi manfaat vaksin booster!

Manfaat vaksin booster

Berdasarkan data capaian vaksin dari Kemenkes, artinya masih ada sekitar 76 persen masyarakat di Indonesia yang belum melakukan vaksinasi booster. Faktanya, banyak masyarakat sudah melewati jangka waktu enam bulan dari vaksinasi kedua, tetapi belum melakukan vaksin booster.

Padahal, efektivitas vaksin primer dalam melawan virus SARS-CoV-2 menurun setelah lewat dari enam bulan pasca pemberian vaksin terakhir. Oleh karenanya, cara mempertahankan perlindungan dari virus tersebut adalah dengan mendapat vaksin booster.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI), Prof Dr dr Hinky Hindra Irawan Satari, SpAK menjelaskan manfaat vaksin. Ia berkata, vaksinasi primer dan booster memiliki manfaat yang jauh lebih besar daripada risikonya.

Pentingnya vaksinasi booster

Hinky juga mengatakan, vaksin COVID-19 dengan kategori viral vector pun tetap aman untuk vaksinasi primer maupun booster. Ia menambahkan, manfaat yang diperoleh juga jauh lebih besar daripada resiko yang mungkin terjadi.

"Surveilans KIPI melihat keamanan vaksin dilakukan berkesinambungan untuk memastikan keamanan vaksin dalam upaya peningkatan keselamatan pasien serta menentramkan masyarakat,” ujarnya.

Jadi, tunggu apalagi? Segera lakukan vaksinasi booster di fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi terdekat. Dengan melakukan vaksinasi booster, artinya kamu melindungi diri dan orang sekitar dari bahaya.

Penulis: Ersya Fadhila Damayanti

#Women for Women

What's On Fimela
Loading