Sukses

Health

6 Penyebab Kentut Bau Busuk dan Pencegahannya yang Dapat Kamu Lakukan

Fimela.com, Jakarta Kentut identik dengan bau yang tidak sedap, saat merasakan perut kembung terkadang kita akan lebih sering mengalami buang angin, buang gas, atau disebut sebagai kentut. Proses biologis inilah yang dapat membantu melepaskan gas dari pencernaan.

Mengeluarkan gas, trutama gas yang sangat bau terkadang dapat membuat seseorang merasa malu. Dalam beberapa lasus sangat wajar dan sehat bagi seseorang untuk memiliki masalah bau kentut yang tak sedap.

Rata-rata orang akan mengeluarkan gas beberapa kali per hari, tidak jarang kentut berbau atau tidak mengeluarkan bau sama sekali. Kedua hal itu dapat dikatakan normal, berikut beberapa penyebab kentut bau busuk yang bikin tak percaya diri:

1. Makanan Berserat Tinggi

Banyak makanan yang berserat tinggi dapat menyebabkan kamu mengeluarkan lebih banyak gas atau merasa kentut terus menerus. Makanan ini tentu membutuhkan waktu lebih lama untuk dipecah didalam sistem pencernaan dan mereka dapat berfermentasi dari waktu ke waktu. Makanan berserat tinggi terkadang membuat seseorang memiliki kentut yang bau, terutama saat mereka mengkonsumsi beberapa sayuran seperti:

  • Brokoli.
  • Bok choy.
  • Asparagus.
  • Kubis.

2. Intoleransi Makanan

Jika kamu memiliki kepekaan atau reaksi terhadap makanan terkadang akan memiliki gas atau kentut yang berbau tak sedap, misalnya jika kamu intoleransi laktosa tidak dapat memecah gula laktosa. Gangguan terkait gluten termasuk penyakit celiac, juga dapat menyebabkan kentut berbau. Selain itu perut kembung yang berbau tidak sedap, penyakit celiac dapat menyebabkan gejala lainnya seperti:

  • Kelelahan.
  • Kembung.
  • Diare.
  • Penurunan berat badan.

3. Obat-Obatan

Meskipun jarang ternyata beberapa jenis obat-obatan yang dikonsumsi dapat menyebabkan perut kembung dan berbau. Obat antibiotik untuk membunuh pathogen yang berbahaya di dalam tubuh ternyata dapat menghancurkan beberapa bakteri “baik” di dalam perut yang membantu pencernaan.

4. Sembelit

Sembelit ternyata menunjukkan bahwa kamu memiliki penumpukan tinja atau kotoran di usus besar. Jika kamu tidak bisa membuang air besar secara teratur, maka dapat mengembangkan bakteri dan bau. Selain itu hal ini akan membuat gas yang berbau busuk dan merasakan kentut yang menyakitkan saat dikeluarkan.

5. Penumpukan Bakteri dan Infeksi Saluran Pencernaan

Ketika tubuh mencerna makanan maka ia akan mengekstrak nutrisi dan mengirimnya ke aliran darah. Produk limbah dikirim ke usus besar yang dapat mengganggu proses pencernaan dan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan.

6. Kanker Usus Besar

Penyebab kentut bau busuk yang mungkin kamu alami adalah kanker usus besar, meskipun hal ini jarang terjadi. Namun, ketika polip atau tumor terbentuk di saluran pencernaan maka dapat membuat obstruksi usus parsial yang mengakibatkan penumpukan gas dan kembung.

Jika kamu mulai merasakan bau gas dan ketidaknyamanan yang normal maka dapat membuat perubahan pola makan atau pengobatan yang tidak mempengaruhi gejala, ada baiknya untuk periksa ke dokter.

Cara Mencegah Kentut Bau Busuk

Perut yang kembung sangat wajar ketika kita akan merasakan bau kentut yang tidak sedap, kamu tak perlu khawatir dengan kentut yang bau karena berikut beberapa cara untuk mencegah bau kentut yang busuk:

  • Makan porsi kecil dengan kecepatan lebih lambat untuk mendorong pencernaan yang sehat dan mengurangi produksi gas.
  • Minum lebih banyak air untuk membantu memindahkan limbah ke seluruh tubuh dengan lebih efisien.
  • Menghindari minuman berkarbonasi yang dapat menghasilkan gas, termasuk bir, dan soda.
  • Menghindari makanan yang menyebabkan gas bau.

Kentut yang sering dikenal sebagai gas atau perut kembung adalah oenumpukan gas di dalam usus kecil dari pencernaan dan pernapasan. Hal ini merupakan salah satu bagian normal dari cara kerja tubuh dan bukanlah sebuah masalah, meskipun kita mengalami bau kentut yang tak sedap.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading