Sukses

Health

Kapan Sih Waktu yang Tepat Makan Nasi untuk Menunjang Diet Sehat Sehari-hari?

Fimela.com, Jakarta Diet yang tepat bukan hanya sekadar buat mewujudkan tubuh yang lebih langsing. Lebih dari itu, tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Jadi, diet yang direkomendasikan bukanlah dengan mengurangi asupan makanan, tapi membatasi dan memilih dengan cermat makanan apa saja yang bisa masuk ke dalam tubuh.

Salah satunya adalah nasi yang menjadi sumber karbohidrat sehari-hari. Tahu nggak sih kalau ternyata ada waktu yang tepat untuk makan nasi demi menunjang diet sehat sehari-hari kamu? Intip informasinya di sini!

Baik Dikonsumsi Saat Sarapan

Sarapan menjadi salah satu jadwal makan yang penting dan nggak boleh diskip buat yang sedang melakukan diet sekalipun. Lewat asupan makanan yang bergizi saat sarapan, tubuh mendapatkan cadangan nutrisi dan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Nasi menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk dinikmati saat sarapan karena kaya kandungan serat yang bisa membuat perut kenyang lebih lama. Nasi juga merupakan sumber energi yang dapat mendukung tubuh beraktivitas dari pagi hingga jam makan siang tiba.

Direkomendasikan untuk Dikonsumsi Saat Makan Siang

Beberapa penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa nasi ternyata sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat makan siang. Hal ini disebabkan karena saat siang hari, tubuh mengalami metabolisme yang lebih cepat sehingga sistem pencernaan bisa mencerna semua makanan berat yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, konsumsi nasi juga sangat penting sebagai cadangan energi agar tubuh bisa melanjutkan kesibukan sehari-hari hingga malam hari tiba. Namun, hindari konsumsi nasi ketika makan malam, terutama bagi yang ingin menjaga berat badan ideal. Hal ini karena konsumsi nasi di malam hari bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat dan mempengaruhi sistem metabolisme tubuh.

Perhatikan Porsi

Meskipun ada jam-jam makan nasi yang direkomendasikan, tapi jangan lupa untuk mengonsumsinya dalam porsi yang wajar dan seimbangkan dengan menu makanan lainnya. Pastikan menu sarapan dan makan siang mengandung nutrisi seimbang untuk tubuh mulai dari protein, lemak, hingga vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan diet sehatmu.

Lalu, jenis nasi apa yang lebih baik untuk diet? Brown rice sendiri banyak direkomendasikan untuk menu diet karena termasuk dalam whole grain atau gandum utuh. Jenis tersebut memang membuat perut kenyang lebih lama. Tapi, bagi yang memiliki masalah pencernaan, brown rice bisa menimbulkan masalah karena sulit dicerna tubuh. Jadi, sesuaikan pilihan jenis nasi dengan kondisi kesehatan masing-masing.

Jika sudah mengetahui waktu yang tepat untuk mengonsumsi nasi, tentunya bisa semakin memudahkan strategi diet sehari-hari. Yuk, mulai terapkan sekarang, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading