Sukses

Health

Apa Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Kacang hijau memiliki bentuk yang bulat dan sangat kecil, kecang satu ini termasuk dalam keluarga kecang-kacangan seperti kacang polong, kacang tanah, dan asam. Kacang hijau merupakan salah satu tanaman yang berasal dari India dan saat ini telah merambah ke seluruh dunia, terutama di daerah Asia.

Kacang hijau biasanya dimasak menjadi bubur, atau yang dikenal saat ini adalah bubur kacang hijau yang menggunakan santan serta ketan hitam. Makanan satu ini mengandung banyak nutrisi serta manfaat bagi tubuh, selain itu mengandung sumber protein nabati yang sangat baik.

Ada banyak manfaat pada kacang hijau yang dapat kamu jumpai, selain itu rasa dari kacang hijau ini memiliki rasa yang manis. Berikut beberapa manfaat kacang hijau bagi kesehatan yang perlu kamu tahu:

1. Berisi Banyak Nutrisi yang Sehat

Kacang hijau akan kaya vitamin serta mineral, beriku penjelasan tentang nutrisi dan energi pada kacang hijau:

Berikut untuk ukuran satu porsi atau 1 mangkok:

  • Energi : 491 kj
  • Lemak : 0,58 g
  • Protein : 7,86 g
  • Karbohidrat : 20,97 g
  • Kalori : 117
  • Lemak : 0,58 g
  • Karbohidrat : 20,97 g
  • Protein : 7,89 g

2. Tingkat Antioksidan Tinggi

Kacang hijau ternyata mengandung banyak antioksidan yang sehat termasuk asam fenolik, flavoid, asam caffeic, asam sinamat dan masih banyak lainnya. Antioksidan dapat membantu mentralkan molekul yang berpotensi berbahaya serta dikenal sebagai radikal bebas.

3. Meningkatkan Pencernaan dan Kesehatan Usus

Kacang hijau mengandung serat tidak larut, protein, dan karbohidrat yang sangat kompleks dan baik untuk tubuh. Nutrisi satu ini ternyata dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri yang baik di usus. Selain itu kacang hijau, juga dapat menyebabkan kurang kembung dan mudah dicerna, karena itu kacang hijau sangat bagus untuk anak-anak.

4. Membantu Mengelola Diabetes

Kacang hijau merupakan salah satu makanan yang paling direkomendasikan untuk penderita diabetes, makanan satu ini terdiri dari karbohidrat yang kompleks serta serat yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. 

5. Memiliki Efek Anti Inflamasi

Polifenol, seperti vitexin, asam galat, dan isovitexin ternyata dapat mengurangi peradangan di tubuh. Sel hwan ini yang terkadang dapat diobati dengan molekul aktif dan telah mengurangi tingkat senyawa inflamasi. Ekstrak dari kacang hijau sendiri memiliki anti inflamasi dan antioksidan yang lebih tinggi.

Itulah berbagai manfaat dari kacang hijau bagi kesehatan tubuh, selain itu kacang hijau juga mengandung akan banyak nutrisi bagi perempuan maupun laki-laki.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading