Sukses

Health

Apa Penyebab Bersin yang Kerap Terjadi? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Bersin merupakan salah satu cara tubuh untuk menghilangkan iritasi dari hidung atau tenggorokan, salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan udara yang kuat dan tidak disengaja. Bersin tentu akan terjadi secara tiba-tiba tanpa adanya peringatan.

Meskipun salah satu gejala ini kerap sekali terjadi, tetapi kamu tak peru khawatir karena hal ini bukan menunjukkan masalah yang serius. Ketia adanya benda asing seperti kotoran, serbuk sari, asap, atau debu yang masuk ke hidung tentu akan membuat hidung teriritasi atau tergelitik.

Bersin inilah yang merupakan sebuah pertahanan pertama tubuh terhadap bakteri dan serangga yang menyerang. Berikut beberapa penyebab bersin yang kerap sekali terjadi:

1. Rinitis Alergi

Akergi terhadap serbuk sari, jamur, bulu, maupun debu terkadang akan membuat seseorang mengalami bersin. Memiliki rhinitis alergi tentu akan membuat sel-sel di selaput lendir bagian hidung akan melepaskan histamine, bahan kimia satu ini dapat bekerja di berbagai saraf dan didalam selaput lendir hidung serta membuat seseorang mengalami bersin.

2. Infeksi

Infeksi saluran pernapasan, seperti flu biasa juga dapat menyebabkan bersin. Pilek menyebabkan produksi lendir dan dapat merangsang berbagai saraf di dalam selaput lendir hidung. Inilah salah satu alasan seseorang membedakan pilek dan alergi.

3. Iritasi dan Pemicu Bersin Lainnya

Iritasi kimia lainnya dapat menyebabkan bersin termasuk bau yang kuat, parfum, makanan, dan asap tembakau. Pemicu satu ini dapat menyebabkan rhinitis non-alergi karena tidak ada antobodi alergi dibalik gejalanya. Seseorang yang memiliki iritasi fisik seperti paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan bersin.

Meskipun kamu jarang bersin tetapi sangat penting untuk menjaga kebersiha dengan benar. Air dan lendir yang dikeluarkan saat bersin ternyata dapat membawa mikroba dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Saat kamu bersin ada baiknya untuk menutupinya menggunakan tisu dan lakukan cuci tangan, agar mebantu menghentikan penyebaran kuman serta penyakit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading