Sukses

Health

Ketahui Penyebab Gagal Bersin Beserta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Apa yang kamu rasakan jika saat ingin bersin, namun kamu gagal mengeluarkannya? Pastinya gemas dan bikin kesal, bukan? Ya, bukan kamu saja, kok yang merasakannya. Gagal bersin memang menyebalkan karena saat bersin, pastinya hidung kamu terasa lebih lega. 

Mungkin kamu tidak memperhatikannya, namun gagal bersin bisa dipicu oleh beberapa faktor. Selain itu, gagal bersin juga bisa diatasi, lho. Bagaimana caranya? 

Untuk kamu yang penasaran, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas penyebab gagal bersin beserta cara mengatasinya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Gagal Bersin

1. Menjepit Hidung

Penyebab pertama gagal bersin adalah karena kita menjepit hidung. Mencoba bernapas melalui mulut dan menjepit ujung hidung dengan tangan ketika ingin bersin dapat menghentikan bersin.

Tindakan menjepit hidung diketahui dapat mengurangi aktivitas saraf yang bertugas mengirimkan perintah pada otak untuk bersin.Meski kadang berhasil menghentikan bersin, menjepit hidung tidak disarankan oleh para ahli medis.

Menahan bersin dengan memegang hidung dan menutup mulut dapat mematahkan tenggorokan bagian belakang kita. Bagian buruknya, hal ini dapat menyebabkan kita tidak bisa berbicara atau menelan.

2. Masalah THT

Selain menjepit hidung, gagal bersin ternyata bisa jadi salah satu gejala dari masalah THT (telinga, hidung, dan tenggorokan). Beberapa penyakit seperti, flu, infeksi telinga, sinusitis, rhinitis alergi, dan sakit tenggorokan dapat memicu hidung gatal. Mungkin diawal terkesan seperti akan bersin, namun ternyata hanya memberikan sensasi gatal dan hidung berair saja tanpa bersin.

Cara Mengatasi Gagal Bersin

1. Menggunakan Tisu yang Digulung

Tisu yang digulung bisa digunakan untuk membuat kita bersin. Bagaimana caranya? Mudah saja, kamu hanya perlu menggulung tisu menjadi satu titik runcing lalu masukkan ujung tisu yang runcing tadi ke dalam hidung.

Nah, saat tisu sudah ada di dalam hidung, kamu bisa mulai menggoyangkan tisu tadi sehingga menggelitik hidung bagian dalam kita. Ujung tisu yang runcing tadi ternyata menggelitik sebuah saraf bernama trigeminal yang mengirimkan pesan ke otak agar kita bisa bersin.

2. Menghirup Aroma Rempah-Rempah

Rempah-rempah dapur juga bisa digunakan untuk membuat kamu bersin. Rempah-rempah seperti lada hitam, cabai giling, dan ketumbar bisa memberikan stimulus ke hidung kita agar bersin. 

Contohnya adalah lada yang mengandung piperin, yaitu senyawa yang bisa mengiritasi selaput lendir sehingga kita bisa bersin. Selain itu, menghirup aroma masakan yang mengandung capsaicin, seperti masakan yang menggunakan banyak cabai juga bisa memicu bersin.

3. Memijat Pangkal Hidung

Daripada memencet atau menjepit hidung, lebih baik kamu memijat pangkal hidung agar memicu bersin. Caranya lakukan gerakan memijat atau menekan pangkal hidung dengan gerakan dari atas ke bawah sampai kamu merasakan ada sensasi menggelitik di bagian belakang hidung.

Namun, kita harus hati-hati saat melakukan pijatan ini, yaitu jangan terlalu keras menekan agar tidak membuat hidung terluka.

4. Memijat Langit-Langit Mulut

Selain memijat pangkal hidung, memijat langit-langit mulut dengan lidah juga bisa memicu bersin. Tindakan memijat langit-langit mulut menggunakan lidah dapat memicu saraf trigeminal yang ada di langit mulut.

Saat kamu ingin melakukannya, coba dimulai dengan menekan ujung lidah ke bagian langit-langit mulut atau mulut bagian atas. Lalu, kamu mulai menerka dari lidah, posisi yang dapat memicu bersin.

5. Melihat ke Arah Cahaya

Terakhir, kamu juga bisa mengatasi gagal bersind engan melihat ke arah cahaya yang terang. Kondisi ini disebut sebagai bersin fotik, yakni bersin saat melihat cahaya terang dan biasanya terjadi secara genetik.

Bersin fotik terjadi karena saat mata terpapar cahaya yang sangat terang, sistem saraf di tubuh akan memerintahkan pupil untuk mengerut sebagai cara melindungi mata dari kerusakan ringan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading