Sukses

Health

Berapa Lama Waktu Merebus Jagung Agar Rendah Kolesterol? Cek Penjelasannya Disini

0(0)

Waktu Pembuatan10 Menit
Jumlah Porsi1 Bonggol Porsi

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela suka jagung rebus? Jagung rebus adalah makanan yang menyehatkan, dan cocok dikonsumsi saat sore hari atau cuaca dingin. Tak hanya direbus, jagung juga bisa dinikmati dengan cara dibakar.

Saat merebus jagung, sebaiknya perhatikan waktu yang tepat untuk merebus jagung. Karena terlalu lama merebus jagung, bisa membuat nutrisi di dalam jagung berkurang. Sebaliknya, jika terlalu cepat merebus jagung, maka akan membuat teksturnya keras dan susah untuk digigit.

Mengonsumsi jagung rebus memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Tapi sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi jagung, karena bisa meningkatkan kadar gula di dalam tubuh dan membuat berat badan meningkat. Untuk mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk merebus jagung, cek penjelasan lengkapnya dalam artikel ini:

Manfaat Jagung Rebus

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat mengonsumsi jagung yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat yang tinggi di dalam jagung, dapat mengontrol kandungan kolesterol dan lemak yang ada di dalam tubuh. Selain itu, jagung juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Orang yang mengonsumsi jagung rebus akan terhindar dari risiko gagal jantung.

2. Memelihara Kesehatan Mata

Mengonsumsi jagung rebus juga memiliki manfaat yang bisa membantu memelihara kesehatan mata. Jagung memiliki kandungan vitamin A, serta senyawa lutein dan zeaxanthin. Untuk itu, jagung rebus sangat baik dikonsumsi orang tua yang sudah mulai rabun.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Jagung rebus juga memiliki manfaat yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Karena jagung memiliki kandungan yang kaya akan serat, bisa membantu mengatasi masalah sembelit. Selain itu, kandungan serat juga mampu menjaga bakteri baik di dalam usus, sehingga dapat mencegah risiko terkena kanker usus.

4. Menjaga Janin dan Ibu Hamil Sehat

Jagung rebus akan sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Jagung rebus diperkaya dengan vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan janin dan ibu hamil. Nutrisi yang ada di dalam jagung rebus akan membantu proses tumbuh kembang janin di dalam kandungan, dan meningkatkan sistem imunitas ibu hamil.

5. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang menjalankan program diet, sebaiknya masukkan jagung rebus dalam menu harian. Jagung rebus adalah makanan yang tinggi akan serat dan rendah kalori. Walaupun bisa membantu menurunkan berat badan, tetap saja konsumsi jagung sesuai dengan kebutuhan kalori harianmu, ya.

Waktu yang Dibutuhkan untuk Merebus Jagung

Jagung adalah makanan sehat yang memiliki kandungan air, protein, karbohidrat, gula, serat dan lemak. Serat yang terkandung dalam jagung adalah hemiselulosa, selolusa, dan lignin. Selain itu, jagung juga mengandung kalium, vitamin A, vitamin C, thiamin, riboflavin, vitamin B6, niasin, zat besi, magnesium, fosfor, zinc, tembaga, asam pantotenat, dan lain-lain.

Agar nutrisi yang terkandung dalam jagung tidak berkurang, sebaiknya perhatikan waktu tepat untuk merebus jagung. Waktu untuk merebus jagung yang sudah dikupas yaitu 2 sampai 5 menit saja. Sedangkan untuk merebus jagung pipil, gunakan waktu selama 4 menit dengan api sedang atau kecil.

Jika Sahabat Fimela ingin merebus jagung yang belum dikupas kulitnya, rebuslah dengan waktu sekitar 10 menit. Jagung yang sudah direbus bisa langsung dinikmati dan dijadikan sebagai camilan sehat. Namun, jika ingin menyimpan jagung rebus, jagung rebus hanya akan bertahan selama 5 hari saja.

Cara Memasak Jagung Rebus

Bahan:

  • 3 buah jagung manis
  • 400 ml susu cair
  • 500 ml air
  • 2 sdm margarin/mentega
  • 2 sdm gula pasir (boleh tidak pakai)

Cara memasak:

  1. Kupas dan bersihkan jagung manis yang masih muda, agar teksturnya empuk dan rasanya manis.
  2. Masukkan air, susu, mentega dan gula ke dalam panci. Masak dengan api sedang hingga gula larut.
  3. Kemudian masukkan jagung dan rebus sekitar 10-15 menit. Angkat jagung dan tiriskan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading