Sukses

Health

5 Bahaya Sering Main Gawai Sebelum Tidur, Salah Satunya Berisiko Stres

Fimela.com, Jakarta Gawai menjadi salah satu hal yang sangat penting di hidup setiap orang. Bangun tidur hingga sebelum tidur, ibaratnya seseorang akan selalu berada di dekat gawainya. Dengan adanya gawai, seseorang akan lebih mudah menjalin komunikasi dan mencari berbagai informasi. 

Seseorang juga bisa merasa lebih nyaman setelah seharian sibuk bekerja. Namun Sahabat Fimela, di balik manfaat gawai yang sangat luar biasa, bermain gawai secara berlebihan juga meningkatkan berbagai risiko bahaya. Apalagi jika bermain gawai ini sering dilakukan sebelum tidur. 

Melansir dari laman healthline.com, kebiasaan bermain gawai sebelum tidur memiliki beberapa bahaya yang sangat fatal buat kesehatan. Bahaya tersebut mulai dari meningkatkan risiko stres hingga tubuh terasa lelah saat terbangun di pagi. Berikut adalah beberapa bahaya sering main gawai sebelum tidur.

Menurunkan Konsentrasi

Para ahli mengungkapkan jika terlalu sering main gawai menjelang tidur akan menurunkan konsentrasi seseorang. Ini juga akan membuat seseorang rentan kehilangan fokusnya dalam bekerja, berinteraksi dengan sekitar atau menjalani aktivitas sehari-hari. Bermain gawai sebelum tidur juga dipercaya rentan menurunkan kemampuan berpikir dan mengingat. 

Lelah Saat Bangun Tidur

Bermain gawai sebelum tidur bahayanya memang tidak langsung bisa dilihat. Namun bahaya ini akan terlihat dalam waktu jangka panjang. Kamu bisa merasa sangat lelah saat bangun tidur bila memiliki kebiasaan sering main gawai sebelum tidur. Ini sebagai akibat dari kualitas tidur yang semakin buruk dan konsentrasi yang menurun.

Menurunkan Kualitas Tidur

Bermain gawai juga berbahaya bagi kualitas tidurmu sehari-hari. Studi menemukan jika hampir sebagian besar orang memiliki kualitas tidur yang buruk karena kebiasaan main gawai sebelum tidur. Orang-orang ini mengaku tidak bisa tertidur nyenyak dan rentan kepikiran gawai mereka meski ia sudah mencoba tidur dengan tenang.

Penurunan Melatonin

Apa itu melatonin? Melatonin merupakan hormon yang dihasilkan otak saat kondisi gelap. Hormon ini membantu melancarkan ritem sirkadian termasuk mekanisme untuk tidur dan bangun. Saat melatonin menurun, otak tidak tahu pasti kapan ia harus tidur dan kapan ia harus bangun. Ini sebagai akibat cahaya biru pada layar gawai menurunkan melatonin. Selain mengganggu mekanisme tidur, ini juga berpengaruh pada mood, emosi serta suasana hati.

Meningkatkan Risiko Stres

Bermain gawai dan bermedia sosial sebelum tidur akan membuat seseorang renta stres. Ini karena pikiran seseorang hanya terfokus pada gawai. Risiko tres akan semakin meningkat ketika seseorang tidak bisa memilah dengan baik apa yang ia lihat di gawai. Beberapa informasi di media sosial tidak jarang membuat seseorang merasa sedih, marah, kecewa bahkan putus asa dan cemas berlebih. 

Itulah beberapa bahaya bermain gawai sebelum tidur. Mengingat akan banyaknya bahaya bermain gawai sebelum tidur, pastikan untuk lebih bijak dalam menggunakan gawai di kehidupan sehari-hari ya Sahabat Fimela. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading