Sukses

Health

5 Gejala Umum Herpes Genital yang Ringan Namun Perlu Diperhatikan

Fimela.com, Jakarta Herpes genital atau herpes kelamin adalah virus yang bisa menyebabkan infeksi pada alat kelamin. Infeksi ini bisa menular jika terjadi kontak dengan penderita melalui aktifitas seksual. Herpes genital adalah penyakit menular seksual yang sangat umum.

Infeksi virus herpes biasanya ditandai dengan luka melepuh atau luka berair. Namun, seseorang yang terkena herpes genital juga bisa mengalami gejala umum yang ringan. Ada dua tipe herpes genital yang perlu kamu pahami, apa saja? cek di bawah ini.

Tipe Virus Penyebab Herpes Genital

1. Tipe 1 (HSV-1)

Tipe yang sering menyebabkan herpes oral. Tetapi, jika menyebar dari mulut ke alat kelamin bisa menyebabkan herpes genital. Melakukan oral seks, berciuman, berbagi peralatan makan dan kosmetik bibir bisa beresiko menyebabkan herpes genital.

2. Tipe 2 (HSV-2)

Tipe ini adalah penyebab utama dari penyakit herpes genital. Tipe HSV-2 sangat umum ditemui dan bisa menular dengan sangat mudah. Virus ini menular jika ada kontak langsung dengan penderita herpes genital melalui hubungan seksual.

Tanda Seseorang Terkena Herpes Genital

1. Nyeri atau gatal di daerah alat kelamin dan sekitarnya, seperti bokong dan paha bagian dalam.

2. Pembengkakan kelenjar limfa pada bagian selangkangan.

3. Muncul bintik-bintik merah, luka, atau bahkan melepuh pada area kelamin (vulva atau vagina) dan area sekitar kelamin (bokong atau anus).

4. Nyeri saat buang air kecil.

5. Gejala flu, seperti nyeri otot, demam, dan sakit kepala.

Gejala herpes genital yang dialami penderita bisa tergolong ringan, bahkan tidak ada. Seseorang bisa saja terkena herpes genital tanpa sadar. Jika menemui gejala di atas, jangan diabaikan begitu saja dan periksakan ke dokter jika perlu.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia Mahmudah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading