Sukses

Health

4 Cara Penularan Herpes Genital yang Wajib Dipahami

Fimela.com, Jakarta Herpes genital atau herpes kelamin adalah penyakit menular seksual yang menyerang alat kelamin. Penyebabnya adalah virus herpes simpleks tipe HSV-1 dan HSV-2. Infeksi virus biasanya ditandai dengan munculnya luka terbuka, melepuh, atau berair di alat kelamin atau sekitarnya.

Virus ini dengan mudah menular jika ada kontak langsung dengan penderita. Lebih lengkapnya, di bawah ini empat hal yang bisa menularkan virus herpes genital.

1. Penetrasi Seks Tanpa Kondom

Virus herpes genital sangat mudah berpindah dari kelamin orang yang terinfeksi. Penularan terjadi melalui sentuhan langsung. Penetrasi seksual tanpa memakai kondom akan meningkatkan resiko tertular penyakit herpes genital.

2. Melakukan Seks Oral

Melakukan stimulasi seksual dengan mulut adalah salah satu dari dua penyebab penularan penyakit herpes genital. Orang yang mengidap herpes genital bisa memindahkan virus dari mulutnya ke alat kelamin pasangan seksual melalui seks oral.

3. Bergantian Memakai Sex Toy

Kemungkinannya kecil, namun hal ini bisa terjadi. Virus herpes genital akan langsung mati begitu mengenai permukaan benda mati seperti sex toy. Namun, sex toy yang basah karena terkena cairan tubuh begitu dipakai secara bergantian dapat menularkan virus herpes genital.

4. Proses Melahirkan Normal

Dalam beberapa kasus, ibu bisa menularkan herpes genital ke bayi melaui proses persalinan. Virus ini beresiko mengancam nyawa bayi. Bila gejala virus genital muncul sebelum ibu melahirkan, maka disarankan untuk menghindari proses persalinan secara alami sebab ditakutkan terjadi kontak antara bayi dengan luka terbuka di vagina ibu.

Herpes Genital Tidak Dapat Menular Melalui Ini

1. Menggunakan dudukan toilet yang sama dengan penderita

2. Berenang di kolam renang yang sama dengan orang yang terinfeksi

3. Memakai peralatan mandi yang sama dengan penderita

4. Memegang benda yang pernah dipegang orang yang pernah terinfeksi

Virus herpes simplex (HSV-1 dan HSV-2) penyebab herpes genital akan segera mati jika berada di luar tubuh. Hampir tidak mungkin untuk tertular herpes genital dari empat hal yang disebutkan di atas. Ini karena virus herpes genital tidak bertahan hidup di permukaan benda mati. Jadi, seseorang dapat tertular herpes genital hanya jika orang tersebut melakukan skin-to-skin atau berhubungan seks dengan penderita.

Sekian informasi mengenai penularan herpes genital atau herpes kelamin. Semoga bisa dipahami dengan baik.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia Mahmudah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading