Sukses

Beauty

Pahami Bahaya Berbagi Lipstik, Mulai dari Penyebaran Bakteri hingga Herpes

Fimela.com, Jakarta Banyak ahli kesehatan kulit hingga pakar kecantikan mengimbau untuk tidak berbagi lipstik dengan siapapun. Meski berbagi lipstik akan membuat hubungan pertemanan terlihat erat, hal ini justru akan berbahaya bagi kesehatan bibir dan tubuh secara keseluruhan.

Dikutip dari Her Style Asie, berbagi lipstik memiliki risiko terhadap masalah medis yang serius. Mulai dari luka ringan hingga penyebaran penyakit, seperti herpes. Sungguh menakutkan, bukan?

Ketika kamu menggunakan produk bibir dan seperangkat alat tertentu, ia akan menyebut permukaan bibir yang cenderung pecah-pecah. Sementara, di sela-sela bibir yang pecah ada kemungkinan penumpukan bakteri dan kebiasaan memegang bibir tanpa cuci tangan hingga partikel makanan yang tertinggal di bibir.

Sehingga ketika mengaplikasikan lipstik, besar kemungkinan bakteri tersebut menempel pada produk lipstik tersebut. Jadi, bayangkan jika lipstik yang kamu digunakan, dipakai juga oleh orang lain.

 

Bahaya lain dari berbagi lipstik

Di samping menimbulkan faktor bakteri, berbagi lipstik juga berpotensi terkena herpes. Herpes ditandai dengan lepuhan-lepuhan kecil berisi cairan yang berada di area bibir. Biasanya ini disebabkan oleh virus herpes dan umum terjadi jika kamu berbagi lipstik atau mencium orang yang terinfeksi.

"Pengaplikasikan produk bibir, entah itu gloss, stik, atau swab, adalah hal positif yang kita lakukan pada kulit. Dan kita tahu bahwa penggunaan pelembap dengan sunscreen pada bibir akan membantu mengurangi risiko kanker kulit pada bibir," ungkap dr Dawn Davis, dermatologis dari Mayo Clinic.

dr. Davis menyebut bahwa produk bibir merupakan produk yang mudah menjadi pembawa bakteri. Sehingga penting bagi kita untuk tidak berbagi dengan orang lain.

"Sangat sopan untuk mengatakan tidak untuk berbagi kosmetik. Saya pikir bahwa ini akan menjadi kebiasaan komunitas seperti berbagi sikat gigi. Kita harus memiliki kebiasaan yang sama pada kosmetik," kata dr. Davis.

Jadi, pastikan kamu mengatakan tidak dengan sangat sopan jika seseorang menawarkan atau meminta kamu untuk berbagu lipstik. Sehingga kamu dan orang lain bisa terhindar dari kontaminasi serius.

Simak video berikut ini

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Cara Membuat Bibir Lembap dan Lipstik Tahan Lama
Artikel Selanjutnya
Kolaborasi Brand Lokal yang Makin Menarik Hati, Make Over X Hian Tjen Hadirkan Lip Glass Ikonis