Sukses

Health

4 Penyebab Perut Sering Lapar Meskipun Sudah Makan

Fimela.com, Jakarta Pernah merasa lapar padahal baru beberapa jam makan? Mungkin beberapa orang pernah mengalami masalah satu ini, rasa lapar terkadang menunjukkan bahwa seseorang perlu dan membutuhkan asupan dalam tubuh.

Salah satu penyebab seseorang sering merasa lapar adalah kurangnya protein atau serat yang dikonsumsi, beberapa protein ternyata dapat mengontrol nafsu makan seseorang dan dapat mengurangi nafsu makan.

Mungkin beberapa kondisi medis dapat membuat seseorang merasa lapar terus menerus, berikut beberapa penyebab perut sering lapar meskipun sudah makan yang kerap terjadi:

1. Kurang Mengkonsumsi Protein

Protein sangat enting bagi tubuh karena dapat mengendalikan nafsu makan seseorang, selain itu protein juga memiliki sifat untuk mengurangi rasa lapar serta dapat membantu seseorang mengkonsumsi makanan lebih sedikit di siang harinya. Tak hanya itu protein memiliki peranan penting untuk meningkatkan produksi hormon dan dapat mengurangi tingkat hormon saat merasa lapar.

2. Kurang Tidur

Salah satu hal yang dapat membuat seseorang merasa lapar adalah kurangnya tidur, tidur sangat penting bagi kesehatan tubuh karena dapat memberi waktu bagi tubuh untuk beristirahat. Selain itu cukup tidur juga dapat menjadi salah satu faktor pengendalian nafsu makan dan dapat membantu mengatur ghrelin atau hormon perangsangan nafsu makan.

3. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Karbohidrat

Jika terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat maka akan mebuat tubuh memproses atau mencerna makanan tersebut lebih cepat, daripada saat mengkonsumsi serat. Selain itu mengkonsumsi karbohidrat berlebihan dapat memberikan lonjakan gula darah.

4. Kurang Minum

Air minum sangat penting bagi tubuh karena dapat memberi hidrasi tubuh, selain itu minum cukup air dapat memberikan manfaat kesehatan termasuk meningkatkan kesehatan otak maupun jantung.

Rasa lapar yang dialami setiap orang tentu dapat disebabkan oleh beberapa hal yang berbeda, masalah satu ini kerap sekali berkaitan dengan gaya hidup serta pola makan seseorang.

What's On Fimela
Loading