Sukses

Health

5 Cara Mengobati Benjolan di Bawah Dagu yang Ampuh

Fimela.com, Jakarta Benjolan yang muncul di bawah dagu adalah pembengkakan kelenjar getah bening. Penyakit ini harus segera diwaspadai dan diatasi. Benjolan ini dapat digerakkan dan dan terasa nyeri saat disentuh.

Pembengkakan kelenjar getah bening adalah kondisi saat kelenjar getah bening membesar, dan mengalami peradangan. Sehingga menimbulkan benjolan di area dagu. Hal ini dapat disebabkan karena banyaknya sel imun yang dihasilkan, dan bereaksi melawan zat berbahaya di dalam tubuh.

Tak hanya di dagu saja. Kelenjar getah bening ini juga muncul di ketiak, belakang telinga, leher, pangkal paha, dan bagian belakang kepala. Berikut cara mengobati kelenjar getah bening dengan ampuh:

Penyebab Benjolan di Bawah Dagu

1. Makanan Tinggi Gula

Benjolan di bawah dagu akibat pembengkakan kelenjar getah bening, dapat disebabkan karena terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi gula. Kadar gula yang tinggi di dalam tubuh, dapat memicu munculnya reaksi peradangan dan tubuh mudah terinfeksi virus atau bakteri. Untuk itu, hindari makanan tinggi gula agar tidak terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening.

2. Makanan yang Mengandung MSG

Sebenarnya MSG atau penyedap rasa tidak terlalu berbahaya. Tetapi jika menggunakan MSG terlalu banyak dan setiap hari, maka bisa meningkatkan risiko kelenjar getah bening membengkak. Saat terjadi pembengkakan dan peradangan kelenjar getah bening, maka akan muncul benjolan di bawah dagu.

3. Makanan yang Kurang Bersih

Sebaiknya saat mengonsumsi makanan, cek terlebih dahulu kualitas dan kebersihannya. Karena makanan yang kurang bersih bisa menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Makanan yang kurang bersih biasanya terdapat jamur, bakteri, kuman dan virus yang berbahaya, dan bisa menyebabkan kompilasi penyakit pada tubuh.

Cara Mengobati Benjolan di Bawah Dagu

1. Kompres Hangat

Saat muncul benjolan di dagu akibat pembengkakan kelenjar getah bening, kompres area tersebut dengan air hangat. Kompres hangat ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan meredakan pembengkakan. Gunakan air bersih dan kain bersih untuk mengompres dagu.

2. Kompres Dingin

Jika kompres hangat tidak dapat meredakan pembengkakan, gantilah dengan kompres dingin. Kompres air dingin juga bisa digunakan untuk meredakan pembengkakan. Gunakan es batu yang terbuat dari air matang, dan kompres menggunakan kain lembut.

3. Tidur dengan Cukup

Karena penyakit ini menyerang sistem imunitas tubuh, maka jagalah kualitas tidur dengan baik. Sahabat Fimela bisa menjaga kualitas tidur dengan tidur selama 8 jam, sebelum jam 10 malam. Usahakan untuk tidur di siang hari selama sejam, untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Cara Mengobati Benjolan di Bawah Dagu yang Selanjutnya

4. Hindari Pantangan Makanan

Cara mengobati yang selanjutnya dengan menghindari pantangan makanan. Seseorang yang memiliki penyakit kelenjar getah bening, dilarang mengonsumsi makanan yang tinggi MSG, makanan tinggi lemak jenuh, dan makanan tinggi gula. Perlu juga untuk menghindari makanan yang terlalu pedas, karena bisa mengiritasi dan memperburuk kondisi.

5. Berkumur dengan Air Garam

Cara yang terakhir adalah dengan berkumur air garam. Cara ini dapat dilakukan selama 10–20 detik. Lakukan secara berulang sampai 5 kali untuk mengobati dengan cepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading