Sukses

Health

5 Kebiasaan yang Harus Ditambahkan pada Rutinitas Harimu agar Lebih Bahagia

Fimela.com, Jakarta Kebiasaan itu penting. Jika sahabat fimela pernah mencoba menghentikan kebiasaan buruk, pasti tahu betapa sulitnya hal tersebut. Sama seperti kebiasaan positif, mengapa tidak menjadikan kebiasaan positif sebagai rutinitas yang kemudian bisa terbiasa.

Kebiasaan yang baik bisa membuat perasaan jadi lebih bahagia. Lantas, kebiasaan seperti apa saja itu? Dikutip dari healthline, berikut beberapa kebiasaan yang harus ditambahkan pada rutinitas agar hidup bahagia.

1. Olahraga

Olahraga bukan hanya untuk tubuh tetapi juga bisa membantu mengurangi stres, perasaan cemas, dan gejala depresi sekaligus meningkatkan kebahagiaan. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Sahabat fimela cukup berjalan-jalan di sekitar rumah, melakukan yoga atau peregangan otot. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin dan berulang.

2. Tidur yang cukup

Sebagai orang dewasa membutuhkan setidaknya 7 jam tidur setiap malam. Tidur sangat mempengaruhi kesehatan, fungsi otak, hingga kesejahteraan emosional. Selain itu, tidur juga bisa mengurangi risiko penyakit kronis tertentu.

Berikut terdapat beberapa tips agar membangun rutinitas tidur yang lebih baik:

  • Tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan.
  • Beri waktu satu jam sebelum tidur sebagai waktu tenang. Lakukan sesuatu yang menyenangkan di waktu tersebut, seperti membaca, mandi, dan lain sebagainya. hindari makan dan minum yang berat.
  • Pastikan suasana kamar sejuk, gelap, dan tenang.
  • Jika terbiasa tidur siang maka bisa membatasinya hingga 20 menit.

Namun, jika tetap mengalami gangguan tidur di waktu yang lama. Silahkan berkonsultasi dengan dokter.

3. Tersenyum

Saat tersenyum, otak akan melepaskan dopamin yang membuat tubuh lebih bahagia. Meskipun tidak mudah, para peneliti menghubungkan antara senyum dan kebahagiaan dapat dikaitkan dengan “hipotesis umpan balik wajah”, di mana ekspresi wajah mungkin memiliki pengaruh sederhana pada emosi. Oleh karena itu, biasakan tersenyum dan hilangkan kebiasaan cemberut. Sahabat fimela bisa berlatih tersenyum setiap pagi di cermin.

4. Menikmati makanan

Sudah bukan hal aneh lagi bahwa yang kita makan atau minum memiliki dampak pada tubuh. Di sisi lain pemilihan makanan juga mempengaruhi keadaan pikiran. Misalnya, karbohidrat melepaskan serotonin yang meningkatkan hormon agar merasa lebih baik dan makanan kaya protein membantu melepaskan dopamin dan norepinefrin, yang mampu meningkatkan energi dan konsentrasi.

5.  Bersyukur

Sebuah studi mengemukakan bahwa mempraktikkan rasa syukur memiliki dampak yang signifikan, salah satunya pada kebahagiaan. Caranya sangat mudah, mulailah dengan mengakui satu hal yang disyukuri dalam hidup setiap harinya.

Demikianlah kebiasaan yang harus ditambahkan pada rutinitas agar lebih bahagia, semoga bermanfaat!

 

Penulis: Nur Faizah

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading