Sukses

Health

Sering Lupa Menggosok Gigi Sebelum Tidur Malam? Cek Bahayanya

Fimela.com, Jakarta Menggosok gigi atau sikat gigi adalah aktivitas yang wajib dilakukan setiap orang. Mengenai sikat gigi, sebaiknya sikat gigi dilakukan sebanyak dua kali setiap hari yakni di pagi hari setelah makan dan di malam hari sebelum tidur. Mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa dampak yang bisa kamu rasakan jika sering melupakan aktivitas sikat gigi terutama untuk sikat gigi di malam hari sebelum tidur. 

Sikat Gigi Paling Baik Dilakukan di Malam Hari

Dalam studinya, para ahli menemukan jika sikat gigi terbaik adalah di waktu malam hari sebelum tidur. Kenapa malam hari? 

Sikat gigi di malam hari bisa mencegah berbagai masalah kesehatan gigi dan gusi. Menyikat gigi di malam hari juga bisa membuat gigi lebih kuat dan terjaga kebersihannya. Ini juga memungkinkan gigi tetap tampak lebih putih dan bersih. Para ahli bahkan menemukan bahwa sikat gigi di malam hari bisa mencegah risiko bau mulut dan gangguan pencernaan.

Apa Bahayanya Jika Sering Melewatkan Sikat Gigi Malam?

Ada beberapa bahaya yang bisa dirasakan saat kita sering melewatkan sikat gigi di malam hari. Saat malam hari, bakteri dan kuman di mulut akan lebih mudah tumbuh dan berkembang biak. Ini mengingat bahwa di malam hari banyak sisa makanan dan minuman yang menempel di gigi maupun gusi. 

Jika bakteri dan kuman tumbuh serta berkembang, gigi akan lebih mudah berlubang, keropos dan mengalami penumpukan karang gigi. Ini juga sangat mudah membuat gusi maupun lidah mengalami sariawan. Beberapa penelitian juga menemukan jika gigi yang tidak disikat atau dibersihkan saat malam sangat memungkinkan seseorang menderita masalah pernafasan dan pencernaan. 

Karena sikat gigi atau menggosok gigi saat malam sangat penting. Pastikan untuk tidak pernah melewatkan aktivitas ini ya Sahabat Fimela. Pastikan juga untuk membiasakan buah hati untuk menggosok giginya sebelum tidur sejak sedini mungkin usianya. Semloga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading