Sukses

Health

7 Cara Mengobati Pilek dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Pilek atau flu sering dialami oleh banyak orang. Pilek memang sudah jadi penyakit yang cukup umum. Bahkan pilek sering dianggap sebagai penyakit ringan yang mudah disembuhkan.

Namun jangan sampai kamu menganggap enteng pilek atau flu. Nyatanya penyakit ini bisa mematikan lho, Sahabat Fimela. Apalagi jika tidak ditangani dengan benar.

Banyak orang yang mengobati pilek atau flu menggunakan obat-obatan. Namun ada juga yang tidak ingin menggunakan obat-obatan melainkan menggunakan bahan yang alami.

Ternyata kamu bisa juga mengobati pilek menggunakan bahan yang alami. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati pilek? Apakah semua bahan tersebut mudah diperoleh? Yuk simak beberapa cara mengobati pilek menggunakan bahan alami:

Cara Mengobati Pilek dengan Bahan Alami

1. Minum Air Hangat

Ternyata minum air hangat bisa jadi cara mengobati pilek lho, Sahabat Fimela. Meminum air hangat dapat membantu mengencerkan dan mendorong lendir yang terdapat pada saluran hidung keluar dari hidung. Air hangat juga dapat membantu meredakan nyeri yang diakibatkan oleh hidung tersumbat karena pilek yang kamu alami.

2. Menghirup Uap Air Hangat

Tidak hanya diminum, uapnya juga bisa mengobati pilek yang kamu alami. Uap hangat dapat membantu mengencerkan lendir sekaligus melemaskan saluran hidung yang bengkak.

Caranya tidak sulit kok. Cukup tuangkan air hangat ke dalam wadah, kemudian menunduk di atasnya. Jangan lupa juga untuk menutupi kepala dengan handuk agar uapnya tidak ke mana-mana. Pastikan wajahmu tidak terlalu dekat dengan wadah.

3. Rajin Buang Ingus

Salah satu cara mengobati pilek adalah dengan rajin membuang ingus atau lendir yang ada di dalam hidung. Namun pastikan kamu melakukannya dengan benar ya.

Tekan salah satu sisi lubang hidung kemudian denguskan napas lewat hidung tapi tidak perlu sekuat tenaga.

Cara Lainnya Untuk Mengobati Pilek

4. Konsumsi Vitamin C

Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk mengobati pilek. Vitamin C memiliki banyak manfaat dalam tubuh, termasuk meningkatkan sistem imun. Ketika tubuh sakit, kadar vitamin C dalam tubuh akan menurun. Oleh karena itu, ketika kamu sakit pasti dokter akan menganjurkanmu untuk mengkonsumsi vitamin terutama vitamin C untuk meningkatkan imun.

Kamu tidak perlu membeli vitamin C yang berharga mahal. Vitamin C bisa dengan mudah kamu dapatkan di berbagai jenis buah seperti buah jeruk, lemon, belimbing, jambu, dan lain-lain.

5. Tinggikan Ukuran Bantalmu

Pilek pasti akan membuatmu jadi tidak nyaman dan tidak bisa tidur nyenyak. Oleh karena itu, cobalah untuk menambah satu bantal ketika kamu tidur nanti. Menambah ukuran bantal bisa membuat lendir turun dengan sendirinya.

Berhenti Merokok Juga Bisa Jadi Salah Satu Caranya

6. Berhenti Merokok atau Hindari Asap Rokok

Asap rokok mengandung bahan senyawa yang sangat buruk seperti nikotin. Bahan ini akan menghalangi fungsi serat rambut kecil yang terdapat pada hidung. Fungsi serat rambut atau silia ini adalah menyaring kuman dan menghancurkan kuman yang berusaha masuk ke lapisan mukosa. Jika lapisan ini rusak maka tubuh akan lebih mudah terserang pilek.

7. Banyak Istirahat

Mungkin hal yang satu ini sering kamu dengar ketika kamu sedang sakit, terutama jika sedang pilek. Namun nyatanya istirahat yang banyak akan membuat tubuh ikut beristirahat dan mengembalikan daya tahan tubuhmu.

Jika kamu sedang pilek dan memaksa dirimu untuk tetap beraktivitas seperti biasanya, kamu justru akan merugikan dirimu sendiri dan orang lain. Kamu akan membuat tubuhmu yang sedang sakit jadi lebih lemah dan membuat orang lain yang sehat jadi tertular.

Itu dia 7 cara mengobati pilek dengan bahan alami. Kamu bisa coba salah satunya untuk mengobati pilek yang kamu alami. Namun jika semakin parah, segeralah periksakan ke dokter atau rumah sakit ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading