Sukses

Health

Sedang Program Hamil, Seberapa Lama untuk Positif Hamil? Cek di Sini

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan serta suami. Apalagi jika momen kehamilan ini telah ditunggu dalam waktu yang cukup lama. 

Mengenai kehamilan, setiap pasangan memiliki kisah masing-masing. Ada pasangan yang baru saja menikah dan langsung mendapat kebahagiaan berupa kehamilan. Tapi tidak sedikit pasangan yang harus berjuang dalam waktu lama, melakukan berbagai program kehamilan dan terus berikhtiar demi bisa yakin bahwa ada janin di rahim sang istri. 

Saat menjalankan program kehamilan, kira-kira seberapa lama pasangan untuk mengetahui bahwa sang istri positif hamil? Apakah dengan program hamil sebulan sudah pasti akan mendapat kehamilan? Atau memerlukan waktu yang lebih lama?

Kehamilan Setelah Berhubungan Intim

Mengutip dari laman timesofindia.indiatimes.com, proses kehamilan membutuhkan waktu yang cukup panjang. Setelah berhubungan intim kamu tidak bisa langsung hamil. Apalagi jika hubungan intim hanya dilakukan sekali dua kali dalam waktu yang kurang tepat. 

Bertemunya sel sperma dan sel telur setidaknya membutuhkan waktu hingga enam hari. Setelah terjadi pembuahan, terdapat proses lain di mana menempelnya sel telur ke dinding rahim membutuhkan waktu hingga 3 - 4 hari. Setelah semua proses sukses, maka kehamilan pun akan terjadi.

Kamu yang ingin mengetahui hamil atau tidak setelah berhubungan intim, sebaiknya melakukan tes kehamilan setidaknya setelah dua minggu. Di waktu ini hormon kehamilan kemungkinan besar sudah ada dalam tubuh dan menunjukkan hasil positif saat dilakukan tes kehamilan melalui tespack.

Hasil Positif Saat Melakukan Program Kehamilan

Para ahli kesehatan di National Health Services (NHS), Inggris, mengungkapkan jika 84 dari 100 pasangan setidaknya butuh waktu selama satu tahun untuk melakukan program kehamilan dan mendapatkan hasil positif. Tentu hal ini harus didukung dengan hubungan intim yang rutin, hubungan intim berkualitas dan pola hidup yang sehat di kedua belah pihak baik suami maupun istri. 

Meski begitu, tidak sedikit ahli yang percaya bahwa kehamilan bisa terjadi setelah berhubugan intim rutin setidaknya selama enam bulan. Beberapa keberhasilan program kehamilan ini sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal seperti usia, kesuburan kedua belah pihak, kesehatan reproduksi yang baik, fisik dan psikis yang sehat serta istirahat yang cukup setiap harinya. 

Sementara itu, adapun beberapa hal yang membuat seseorang sulit hamil antara lain masalah hormonal (PCOS), stres, obesitas, anoreksia, gaya hidup yang buruk dan penggunaan alat kontrasepsi selama berhubungan intim. Beberapa orang dengan masalah kesehatan tertentu juga rentan kesulitan hamil.

Jika Sahabat Fimela dan pasangan sedang melakukan program kehamilan, untuk dapatkan hasil yang maksimal jangan pernah ragu untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya. Sahabat Fimela juga penting untuk meminta pendampingan dari dokter jika hal itu sudah urgent atau sangat dibutuhkan.  Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading