Sukses

Health

5 Tips Diet Sehat Tanpa Makan Nasi, Mampu Turunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Setiap wanita pasti ingin tampil cantik dengan tubuh ideal dan sehat, hingga melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat seperti nasi putih yang dirasa paling efektif untuk menurunkan berat badan secara ideal.

Dilansir dari hellodoctor.com.ph berikut manfaat dari diet tanpa tanpa nasi, seperti:

  • Menurunkan risiko diabetes

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang sering dikonsumsi oleh banyak orang, namun tahukah sahabat Fimela dengan mengonsumsi nasi secara berlebihan dapat menyebabkan risiko diabetes yang lebih tinggi. 

Oleh karena itu dengan mengurangi asupan nasi putih mampu menurunkan risiko diabetes, serta membantu kadar gula darah agar tetap terkendali.

  • Lebih banyak nutrisi

Melakukan diet membuat sahabat Fimela mendapatkan kesempatan untuk mengganti asupan nasi putih dengan pilihan yang lebih bergizi. Salah satu karbohidrat pengganti nasi yang bisa dicoba adalah kentang yang membuat sahabat Fimela dapat merasa kenyang sembari memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari. 

  • Menurunkan berat badan secara signifikan

Diet dengan mengurangi asupan nasi putih mampu membantu menurunkan berat badan secara signifikan. Namun, kegiatan ini harus dibarengi dengan olahraga yang tepat agar berat badan dapat turun dengan cepat, namun tetap sehat. 

Bagi sahabat Fimela yang ingin melakukan diet sehat dengan mengurangi asupan nasi putih, berikut tips yang dapat dicoba dilansir dari healthline.com.

 

 

1. Perbanyak makan buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan makanan yang kaya akan serat dan rendah gula, oleh karena itu seringkali menjadi makanan wajib orang yang sedang diet. Serat, mineral, dan vitamin yang terandung dalam buah dan sayur mampu menurunkan kolestrol dan melancarkan proses buang air besar (BAB).

2. Kurangi asupan minuman manis

Sebagian besar gula seperti fruktosa, laktosa, maltosa, sukrosa, atau glukosa, dianggap sebagai karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana memberikan energi yang mampu mempercepat peningkatakan gula darah dan sekresi insulin dari pankreas.

Mengkonsumsi minuman manis seperti soda atau es teh manis dapat menambahkan karbohidrat yang membuat diet menjadi terganggu. Tak hanya itu,  sering mengonsumsi minuman manis secara teratur dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Oleh karena itu, bagi sahabat Fimela yang ingin diet sehat disarankan untuk mengurangi konsumsi minuman manis. 

 

3. Ganti nasi dengan karbo lain

Diet sehat seringkali diartikan sebagai kebiasaan untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Bagi sahabat Fimela yang ingin memulai diet sehat dapat coba untuk mengganti nasi dengan alternatif lain pengganti karbohidrat, jangan sampai sahabat Fimela tidak memiliki asupan karbohidrat karena dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, mual, dehidrasi, dan kepala menjadi pusing. 

Sebagai gantinya, sahabat Fimela dapat mencoba mengonsumsi kentang, jagung, roti, dan ubi sebagai pengganti asupan nasi putih. Apabila tidak bisa, sahabat Fimela dapat mengganti nasi putih dengan nasi merah atau nasi cokelat yang lebih rendah karbohidrat.

4. Perbanyak minum air putih

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada 2013 menunjukkan bahwa minum 2 gelas air sebelum makan sambil mengikuti diet yang dibatasi kalori, membantu untuk menurunkan berat badan.

Bagi sahabat Fimela yang sedang diet, cobalah untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2 hingga 3 liter sehari dan perbanyak konsumsi buah dan sayuran.

5. Olahraga yang cukup

Melakukan olahraga sembari diet sangat disarankan karena dengan berolahraga mampu membantu untuk menurunkan berat badan. Olahraga ringan yang bisa dicoba oleh sahabat Fimela seperti jalan kaki, jogging, yoga, bersepeda, dan berenang. 

Adapun lternatif pengganti nasi putih yang efektif untuk menurunkan berat badan, seperti:

 

 

Kentang

Kentang merupakan umbi-umbian yang dapat menjadi pengganti nasi putih ketika sahabat Fimela sedang melakukan diet sehat. Kandungan serat dan kalori dari kentang mampu menjadi pengganti nasi putih, sehingga sahabat Fimela tidak perlu ragu untuk mengganti asupan nasi putih menjadi kentang.

Selain itu, sebagai pengganti nasi putih kentang mampu meningkatkan kekebalan tubuh karena memiliki kandungan vitamin C dan A yang tinggi sehingga membuat umbi ini kaya akan beta-karoten.

Jagung

Meskipun mengandung gula, jagung memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga menjadikannya sebagai pengganti nasi putih yang bagus. Jagung juga telah dikenal memberikan manfaat untuk kesehatan mata dan kesehatan usus besar.

Ubi jalar

Ubi dapat menjadi pilihan alternatif pengganti nasi putih jika sahabat Fimela sedang diet. Tidak hanya manis dan lembut, ubi kaya akan serat yang mampu menstabikan kadar gula darah.

Salah satu rahasia orang Jepang untuk umur panjang adalah menambahkan ubi jalar ke dalam makanan mereka. Hal ini dilakukan karena ubi mampu meningkatkan kekebalan tubuh melalui kandungan vitamin C yang tinggi dan vitamin A dari kandungan beta-karotennya yang kaya. 

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading