Sukses

Health

5 Ragam Manfaat Beras Merah yang Baik untuk Kesehatan Tubuhmu

Fimela.com, Jakarta Beras merah sudah lama terkenal penggunaannya untuk beberapa penderita penyakit tertentu seperti diabetes karena mengandung gula yang lebih sedikit ketimbang beras putih pada biasanya. Hal itu benar, namun selain rendah akan gula beras merah juga kaya akan kandungan lain seperti zat besi, zinc, serat, serta kalium yang tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Kamu bisa mulai rutin mengkonsumsi beras merah sebagai pengganti beras putih untuk mendapatkan khasiatnya. Bisa juga dimulai dengan tahap awal seperti mencampurkan kedua jenis beras tersebut untuk membiasakan. Namun yang juga perlu diperhatikan adalah cara mengolahnya agar tidak kehilangan banyak nutrisi. 

Dikutip dari Health Benefits Times, ini dia 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi beras merah. 

Mengontrol Kadar Gula Darah

Kadar glukosa pada darah yang tidak terkontrol pada penderita diabetes dapat merusak mata, ginjal dan juga menyebabkan penyakit jantung koroner. Hal ini mengharuskan para penderita diabetes pandai-pandai mengatur asupan makanan dalam tubuh mereka agar tidak memperparah kondisi. Mengkonsumsi beras merah adalah salah satu upaya yang sering dilakukan sebab kemampuan beras merah yang dapat mengontrol kadar gula darah.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Jumlah LDL (Low Density Lipoprotein) atau yang biasa kita kenal dengan kolesterol jahat dalam darah dapat menyebabkan penumpukan plak di dinding arteri. Hal ini jika dibiarkan maka akan mempersempit dinding arteri dan menyebabkan serangan jantung. Pada sebuah studi pada tahun 2009 menunjukkan bahwa pasien yang mengkonsumsi beras merah mendapati penurunan jumlah kolesterol jahat dalam tubuhnya. Saat kadar LDL ini terkontrol maka kesehatan jantung juga semakin baik dan kamu akan memiliki sedikit peluang menderita penyakit jantung.

Membantu Program Penurunan Berat Badan

Beras merah memiliki banyak sekali kandungan serat di dalamnya. Serat sendiri terkenal dengan kemampuannya untuk melancarkan pencernaan dan meningkatkan fungsi usus. Selain itu, beras merah juga menyediakan energi yang cukup untuk tubuh kita beraktivitas. Ditambah lagi beras merah bisa jadi menu diet kamu untuk menurunkan berat badan sebab kemampuannya dalam mengendalikan rasa lapar. Jadi tubuhmu tetap berenergi dan nafsu makan tertekan sebab rasa kenyang masih tertahan lama.

Membantu Menangkal Radikal Bebas

Beras merah merupakan sumber zat besi atau mangan yang baik. Mangan berperan dalam menghasilkan energi bagi tubuh juga merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, kandungan zinc pada beras merah dapat membantu mempercepat penyembuhan luka serta melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak jaringan dan sel-sel di dalam tubuh. Kaya akan antioksidan juga berarti mengkonsumsi beras merah baik untuk kecantikan kulit karena bisa membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit, membantu mengencangkan, dan meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV yang dapat menyebabkan kerutan.

Bagus untuk Kesehatan Tulang

Beras merah juga merupakan sumber magnesium yang sangat baik. Dimana magnesium berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang kita. Magnesium adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membangun tulang yang sehat dan kekurangan magnesium dapat menyebabkan osteoporosis atau pengeroposan tulang di kemudian hari. Rajin mengkonsumsi nasi merah dapat membantu memperkuat tulang serta menghindari dan meredakan masalah persendian.

Beras merah rupanya kaya sekali dengan manfaat yang dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kesehatan tubuh. Bisa banget jadi menu andalan kamu untuk diet sehat sehari-hari.

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading