Sukses

Health

Ramuan Herbal Jahe Kunyit untuk Melancarkan dan Meredakan Nyeri saat Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Banyak perempuan yang mengeluh karena siklus mentruasinya tidak lancar serta nyeri pada saat mentruasi. Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai hal seperti pengaruh penggunaan obat-obatan tertentu, kelelahan secara fisik, hingga stress.

Untuk memperlancar menstruasi dan meredakan nyeri saat menstruasi kamu bisa memanfaatkan berbagai bahan alami. Jahe dan kunyit bisa kamu jadikan sebagai bahan alami untuk membantu memperlancar menstruasi dan meredakan nyeri saat menstruasi. Dilansir dari Healthline jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri haid. Selain itu kandungan curcumin pada kunyit dapat membantu mengatasi gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Sebuah studi tahun 2015 mengamati 70 wanita yang mengonsumsi dua kapsul curcumin selama 7 hari sebelum menstruasi dan 3 hari setelahnya. Peserta melaporkan penurunan yang signifikan dalam gejala PMS.

Bagi kamu yang ingin memanfaatkan jahe dan kunyit untuk memperlancar menstruasi dan meredakan nyeri saat menstruasi kamu bisa mencoba membuat ramuan herbal dibawah ini.

Bahan-bahan

  1. 10 gram jahe
  2. 10 gram kunyit
  3. 1 batang serai (digeprek)
  4. 25 gram gula aren
  5. 10 gram asam jawa
  6.  Air (kurang lebih 300ml)
  7. Perasan jeruk lemon (secukupnya)

 

Cara Membuat

  1. Cuci bersih jahe dan kunyit, kupas kulitnya, dan potong-potong tipis
  2. Masukan jahe dan kunyit yang sudah dipotong-potong kecil beserta bahan-bahan lainnya kedalam panci. Rebus hingga mendidih dan warna larutan menjadi pekat
  3. Saring ramuan herbal tersebut. Tuang dalam gelas dan ramuan herbal siap dinikmati

Itulah resep ramuan herbal untuk memperlancar menstruasi dan meredakan nyeri saat menstruasi. Semoga bermanfaat ya sahabat Fimela.

 

Penulis: Diah Ayu

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading