Sukses

Health

5 Manfaat dan Cara Mengolah Anggur Hitam yang Baik untuk Menjaga Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa macam anggur yang dapat dikonsumsi dan menyehatkan untuk tubuh. Salah satunya adalah anggur hitam. Jenis anggur hitam ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Kandungan yang terdapat dalam anggur hitam adalah kalori, karbohidrat, gula, potassium, vitamin C, vitamin K, magnesium, dan tembaga. Anggur hitam dipercaya memiliki kandungan yang tinggi akan antioksidan. Sehingga anggur hitam bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, menjaga keseimbangan kolesterol dan membuat kulit terlihat lebih cantik.

Anggur hitam memang memiliki banyak nutrisi untuk tubuh. Namun usahakan untuk membatasi konsumsi anggur hitam dalam sehari, yaitu tidak lebih dari 30 butir anggur hitam sehari. Berikut manfaat dan cara mengolah anggur hitam:

Manfaat Anggur Hitam

1. Mengontrol Kolesterol

Senyawa yang terkandung di dalam anggur hitam bisa mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, yang berisiko menyebabkan penyakit jantung. Selain itu juga membantu melancarkan sistem aliran darah. Sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung atau gagal jantung.

2. Mencegah Radikal Bebas

Anggur hitam adalah jenis buat yang kaya akan antioksidan. Sehingga anggur hitam memiliki manfaat yang bisa membantu mencegah radikal bebas. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat mengakibatkan sel kanker berkembang biak dan sistem imunitas tubuh menurun.

3. Mengontrol Berat Badan

Rutin mengonsumsi anggur hitam bisa membantu mengontrol berat badan. Anggur hitam sangat cocok dikonsumsi orang yang sedang menjalankan program diet. Anggur hitam dipercaya bisa membantu menghambat pembentukan metabolisme lemak, yang mengakibatkan obesitas.

4. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Anggur hitam memiliki kandungan resveratrol yang baik untuk otak. Anggur hitam sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak. Menurut penelitian, kandungan dalam anggur hitam mampu meningkatkan kecerdasan otak, meningkatkan daya ingat dan mencegah kerusakan pada otak.

5. Menyehatkan Mata

Manfaat anggur hitam yang terakhir adalah dapat menyehatkan mata. Hal ini disebabkan karena anggur hitam mengandung lutein dan zeaxanthin. Rutin mengonsumsi anggur hitam dapat mencegah risiko kebutaan dan rabun mata.

Resep Smoothie Anggur Hitam Cocok untuk Diet

Bahan:

  • 1/2 cangkir anggur hitam
  • 1 bh Pisang
  • 150 ml susu kedelai
  • Secukupnya es batu

Cara membuat:

  1. Masukkan buah-buahan ke dalam freezer semalaman, hingga membeku.
  2. Kemudian blender buah-buahan yang beku, dicampur dengan susu kedelai.
  3. Bisa tambahkan secukupnya es batu.
  4. Sajikan dan langsung diminum.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading