Sukses

Health

Studi: Ahli Sebut Pria Lebih Mudah Menua Dibanding Perempuan

Fimela.com, Jakarta Penuaan merupakan momen yang pasti akan dialami oleh semua orang. Baik pria maupun perempuan bisa mengalami penuaan bahkan sebelum yang mereka perkirakan. Mengenai penuaan, ini bisa ditandai oleh beberapa hal mulai memutihnya rambut, kulit keriput atau mengendur dan penurunan daya pikir. 

Mengenai penuaan, mengutip dari laman newyorkpost.com, para ahli menyebutkan jika pria berpotensi mengalami penuaan lebih cepat dibandingkan perempuan. Studi yang diterbitkan dalam The Journals of Gerontology: Series A menyebutkan jika pria berusia 50an tahun akan lebih terlihat lebih tua secara fisik dibandingkan dengan perempuan di usia yang sama.

Penyebab Penuaan Terjadi Lebih Cepat

Ada beberapa hal yang dipercaya bisa menjadi faktor utama penyebab penuaan terjadi lebih cepat. Beberapa faktor tersebut antara lain adalah stres, kebiasaan buruk merokok, pola hidup yang tak sehat dan kurangnya olahraga. Pada pria, penuaan bisa lebih cepat terjadi karena umumnya pria memiliki kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol lebih tinggi dari perempuan. Meski begitu, seiring dengan berjalannya waktu kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol bukan penyebab paling utama dari penuaan yang terjadi pada pria. 

Peneliti doktoral Anna Kankaanpaa di Gerontology Research Center dan Faculty of Sport and Health Sciences mengatakan, “Kami mengamati perbedaan jenis kelamin dalam kecepatan penuaan, yang tidak dijelaskan oleh faktor yang berhubungan dengan gaya hidup. Kini angka kebiasaan merokok pada pria telah menurun.”

Bagaimana Mencegah Penunaan?

Untuk mencegah penuaan, pola hidup sehat, olahraga dan mengelola stres dengan baik menjadi cara terbaik yang bisa dilakukan setiap orang. Penunaan juga bisa dicegah dengan senantiasa berpikir positif dan mencoba menjadi pribadi yang lebih bahagia. 

Selain menerapkan pola hidup yang lebih sehat, penuaan juga bisa dicegah dengan perawatan kulit secara maksimal misal menghindari paparan sinart matahari secara langsung terlalu lama, gunakan pelembab, hindari merokok, batasi konsumsi kafein dan minuman beralkohol. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading