Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Health

Studi: Berhubungan Intim Secara Rutin Bermanfaat Mencegah Penuaan Dini

Fimela.com, Jakarta Penuaan dini merupakan masalah yang kerap dikhawatirkan oleh semua orang terutama para perempuan. Padahal nih ya, stres karena memikirkan hal ini justru akan meningkatkan risiko penuaan dini. Stres dan khawatir berlebih akan segala sesuatu dalam hidup juga bisa meningkatkan risiko menopause bahkan risiko masalah kesehatan lain yang lebih berbahaya. 

Untuk mencegah penuaan dini dan menopause, kira-kira apa yang bisa dilakukan? Mengutip dari laman parents.com, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penuaan dini dan menopause bagi perempuan. Hal tersebut mulai dari mengelola stres, menerapkan pola hidup sehat hingga memiliki hubungan intim yang rutin bersama suami.

Rutin Berhubungan Intim Meningkatkan Kebahagiaan

Penelitian dari University College London menemukan bahwa perempuan paruh baya yang rutin berhubungan intim setidaknya satu kali dalam seminggu akan merasa lebih bahagia. Mereka yang merasa lebih bahagia dan menikmati hidup, akan lebih mungkin awet muda, terjaga kesehatannya dan rendah berisiko penuaan dini. 

Penelitian lain yang diterbitkan pada Januari tahun ini di The Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa orang yang mempertahankan hubungan seksual selama lock down, baik jika mereka tinggal bersama pasangannya atau tidak, 34 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi daripada mereka yang tidak. Orang-orang ini juga diketahui lebih sehat secara fisik pun psikis. Beberapa juga memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih baik daripada mereka yang tidak rutin berhubungan seks atau intim. 

Mencegah Penunaan Dini dengan Rutin Berhubungan Intim

Penelitian menemukan jika 28 persen perempuan yang rutin berhubungan intim lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami perubahan selama dekade berikutnya. Mereka juga lebih rendah berisiko menopause serta rendah mengalami penuaan dini. Para ahli percaya jika rutin berhubungan intim setidaknya satu kali dalam seminggu akan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Penelitian juga menemukan jika aktivitas seksual tidak terdeteksi, tubuh kehilangan prioritas ovulasi. Ketika tubuh kehilangan prioritas ovulasi, hal ini memicu menopause lebih cepat terjadi. Sebaliknya, aktivitas hubungan intim yang rutin bisa membuat ovulasi rutin dan tubuh akan lebih rendah mengalami penuaan dini bahkan menopause. 

Semoga informasi ini bermanfaat. Mulai sekarang, jangan pernah ragu untuk memiliki hubungan intim yang lebih rutin dan romantis bersama suami Sahabat Fimela. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading