Sukses

Health

5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi di Musim Hujan

Fimela.com, Jakarta Cuaca saat ini sedang tidak menentu. Kadang hujan bisa turun sepanjang hari, kadang panas terik dari pagi hingga sore. Saat cuaca tak menentu, daya tahan tubuh akan lebih mudah terganggu atau menurun. Dan ketika daya tahan tubuh menurun, tentunya hal ini akan mempermudah tubuh terserang berbagai penyakit. 

Daya tahan tubuh juga akan semakin mudah menurun ketika di musim hujan Sahabat Fimela. Suhu yang lebih rendah (dingin) dan lembab, membuat tubuh rentan mengalami penurunan daya tahan tubuh. Terlebih jika kita tidak memiliki pola hidup sehat dan asal-asalan dalam menutrisi tubuh. 

Mengutip dari laman indianexpres.com, agar daya tahan tubuh meningkat dengan lebih baik, penting bagi kita untuk mengonsumsi beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Ada beberapa makanan yang diklaim sangat baik dikonsumsi selama musim hujan karena nutrisinya begitu dibutuhkan tubuh agar tetap sehat, bugar dan terlindungi. Apa saja makanan tersebut? Simak yang berikut ini:

Buah-buahan

Makanan pertama yang penting dikonsumsi saat musim hujan adalah buah-buahan. Buah menjadi salah satu sumber nutrisi terbaik untuk tubuh karena mengandung vitamin yang sangat diperlukan tubuh. Ada beragam jenis buah yang sebaiknya kamu konsumsi di musim hujan atau musim kemarau.

Sayuran

Sayuran juga menjadi sumber nutrisi terbaik untuk tubuh yang lebih sehat. Sayuran mengandung serat, vitamin dan berbagai nutrisi lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ada beragam jenis sayuran yang bisa kamu nikmati di rumah dan diolah menjadi berbagai masakan lezat untuk menu sehari-hari.

Sumber Probiotik

Makanan yang mengandung probiotik atau bakteri baik juga disarankan untuk lebih banyak dikonsumsi di musim hujan agar tubuh makin sehat, bugar dan terlindungi. Makanan yang mengandung probiotik adalah makanan yang telah melalui proses fermentasi seperti tahu, tempe, yogurt, keju, tape dan kimci. 

Sumber Protein

Makanan sebagai sumber protein juga penting untuk dikonsumsi saat musim hujan. Protein adalah salah satu nutrisi terpenting yang dibutuhkan tubuh agar senantiasa sehat, bugar serta terlindungi. Sumber protein terbaik antara lain telur, daging ayam tanpa lemak, daging merah dan ikan laut. 

Herbal

Makanan herbal yang menghangatkan tubuh seperti jahe, bawang putih, lemon, kunyit dan sejenisnya adalah makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat musim hujan. Aneka makanan herbal ini mengandung nutrisi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bersifat menghangatkan tubuh. 

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat musim hujan tiba. Semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan baik melalui asupan nutrisi terbaik juga ya Sahabat Fimela. Pastikan juga untuk memiliki waktu istirahat cukup dan olahraga rutin setiap harinya. 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading