Sukses

Health

Awas, Ukuran Bra yang Salah Menyebabkan Sakit Punggung

Fimela.com, Jakarta Bagi perempuan, bra menjadi salah satu kebutuhan pokok. Perempuan tak bisa lepas dari penggunaan bra dalam kehidupan sehari-hari. Meski begitu, ada beberapa hal yang membuat bra justru tak baik untuk tubuh. Penelitian menemukan jika penggunaan bra yang salah bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan tersebut sakit punggung. 

Mengutip dari laman newyorkpost.com, penggunaan bra yang salah dalam waktu lama bisa meningkatkan risiko masalah punggung. Dr. Hana Patel dan Andreas Anastasiou, seorang ahli kesehatan yang berbasis di Inggris, dalam penelitiannya menemukan jika hampir semua perempuan menggunakan bra dengan ukuran yang kurang pas. Alhasil, mereka rentan mengalami sakit punggung atau merasa tidak nyaman. 

Efek Penggunaan Bra yang Tidak Pas

Ada beberapa efek samping dari penggunaan bra yang tidak pas. Efek samping tersebut mulai . dari risiko sakit punggung, lecet di bahu dan punggung hingga lekukan kulit. Ukuran cup yang terlalu kecil atau tali yang terlalu ketat adalah contoh penggunaan bra yang tidak pas. Jika hal ini terus menerus dilakukan, tentu ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan punggung maupun dada. 

Para ahli juga menemukan efek yang lebih buruk dari penggunaan bra tidak pas. Efek tersebut adalah postur tubuh yang membungkuk. Penggunaan bra yang terlalu longgar bahkan disinyalir memiliki efek yang semakin buruk. Karena ini berpengaruh pada bentuk payudara. Bra yang terlalu besar tidak akan menopang payudara dengan lebih baik. 

Sementara itu, penelitian Dr. Michael Schachter, MD dari Schachter Center for Complementary Medicine mencatat, jika ukuran bra yang digunakan terlalu kecil, akan terjadi penekanan aliran di saluran kelenjar getah bening dari payudara ke ketiak.

Bagaimana Memilih Bra yang Tepat?

Untuk mendapat kenyamanan dan efek positif dari penggunaan bra, pastikan untuk memilih bra yang tepat. Pastikan untuk memilih ukuran bra yang tidak terlalu kecil atau pun terlalu besar. Pilih juga bra dengan bahan kain yang membuatmu merasa nyaman. 

Para ahli menyarankan agar bra diganti setiap 12 bulan sekali. Penggunaan bra yang sama dalam jangka waktu yang terlampau lama, ini bisa berdampak buruk. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading