Sukses

Health

5 Penyebab Badan Terasa Panas yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Seringkali kita merasakan tubuh yang terasa sangat panas dan tak nyaman, badan yang terasa panas mungkin dapat menandakan bahwa tubuh kamu sedang sakit. Tak hanya itu tubuh yang terasa panas juga dapat disebabkan oleh cuaca yang sedang panas.

Tetapi terkadang kamu tak perlu khawatir, tubuh yang terasa panas terkadang merupakan tanda suhu tubuh yang normal. Tetapi, jika kamu merasakan gejala lainnya perlu meeriksakan ke dokter agar mendapatkan perawatan dan penanganan.

Meskipun begitu tubuh yang terasa panas terkadang akan membuat seseorang merasa tak nyaman dan sulit untuk melakukan pekerjaan. Berikut beberapa penyebab badan terasa panas yang sering bikin penasaran:

1. Hipertiroidisme

Merasa tubuh hangat? Mungkin ada masalah dengan kelenjar tiroid yang bisa menjadi penyebabnya. Seseorang yang mengalami hipertiroidisme terkadang akan lebih sering haus, lapar, dan mungkin berkeringat. Hal ini dikarenakan laju tubuh yang akan mengubah bakan bakar menjadi energi dan membuatnya menjadi panas,

2. Menopause

Saat seorang perempuan mengalami menopause biasanya akan mengalami peningkatan suhu tubuh dalam waktu singkat. Selain itu menopause juga dapat menyebabkan keringat berlebih, pusing, bahkan jantung yang berdebar sangat kencang.

3. Demam

Jika kamu mengalami demam biasanya tubuh akan terasa sangat panas yang sangat tinggi, selain itu hal ini dapat membuat tubuh merasa panas dan berkeringat. Hal ini dapat terjadi karena tubuh yang mencoba melawan kuman seperti virus maupun bakteri. Penambahan cairan, istirahat, dan obat-obatan ainnya akan membantu.

4. Kafein

Minuman yang berkafein terkadang akan membantu seseorang tidak mengantuk di pagi hari, tetapi terkadang justru akan meningkatkan suhu tubuh. Terlalu banyak kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah, gula darah, serta asam lambung dan menyebabkan masalah pada tidur.

5. Makanan Pedas

Pernah merasakan tubuh yang panas setelah makan pedas? Makanan pedas terkadang akan meningkatkan suhu tubuh dan mungkin akan membuatmu berkeringat. Jika tubuh merasa panas setelah makan pedas maka tidak perlu kamu khawatirkan.

Itulah beberapa penyebab badan terasa panas dan tak nyaman yang mungkin terjadi kepada kamu, beberapa penyebab badan yang panas terkadang dapat membuat seseorang kesulitan untuk beraktivitas. Untuk itu jika kamu merasakan beberapa gejala lainnya ada baiknya untuk periksa ke dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading