Sukses

Health

5 Cara Mudah untuk Menurunkan Demam Saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Demam merupakan kondisi di mana suhu tubuh berada di atas normal (36,5 - 37,5 derajat celcius). Demam bisa terjadi pada siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan pada ibu hamil. 

Mengenai ibu hamil yang mengalami demam, hal ini sering kali membuat rasa panik dan cemas berlebih. Ini mengingat bahwa ibu hamil tidak boleh konsumsi obat penurun obat secara sembarangan. Perlu diketahui, demam yang terjadi pada dasarnya adalah sebagai tanda dari adanya risiko penyakit dalam tubuh. Demam menandakan tubuh sedang melawan penyakit dan berusaha bertahan untuk mengatasi penyakit tersebut. 

Saat ibu hamil mengalami demam, kira-kira bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau menurunkan demam tersebut? Mengutip dari laman helhtline.com, berikut beberapa tips untuk menurunkan demam saat hamil.

Tips Menurunkan Demam Saat Hamil

Demam yang terjadi secara terus menerus atau dalam waktu lama bisa berdampak buruk buat ibu hamil maupun janin dalam kandungan. Untuk itu, penting untuk mengatasi demam dengan baik dan benar selama kehamilan. Berikut beberapa tips atau cara mudah untuk mengatasi demam di rumah.

  1. Berbaringlah dan miliki waktu istirahat yang cukup saat demam. Kompres dahi dengan waslap yang dibasahi air hangat dan biarkan hingga dingin di dahi. Cara ini bisa menurunkan demam secara perlahan.
  2. Mandi dengan air hangat atau cukup mengelap tubuh dengan air hangat. Cara ini bisa membuat tubuh terasa lebih fresh, daya tahan meningkat dan demam secara perlahan turun. Mandi dengan air hangat juga bisa membuat tubuh terasa rileks. Hindari mandi dengan air dingin apalagi keramas saat demam.
  3. Minumlah lebih banyak cairan agar tubuh tetap terhidrasi. Minum banyak air juga bisa membantu membuat kondisi tubuh lebih berenergi.
  4. Gunakan pakaian yang tipis dan nyaman. Memakai pakaian yang tebal dan panas saat demam hanya akan membuat demam semakin tinggi. Sebaiknya pilih pakaian yang berbahan dingin dan tipis agar tubuh terasa lebih nyaman selama kehamilan. 
  5. Konsumsi obat penurun demam sesuai dengan petunjuk dokter. Biasanya, ibu hamil disarankan untuk minum paracetamol untuk menurunkan demam. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi demam selama kehamilan. Untuk mencegah risiko demam, Mom sebaiknya sering cuci tangan dengan sabun, nutrisi tubuh dengan baik dan cukup setiap harinya, miliki istirahat cukup, hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit dan konsumsi vitamin serta suplemen atas resep dokter. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading