Sukses

Health

Bahaya Paparan Asap Rokok untuk Ibu Hamil, Mengganggu Tumbuh Kembang Janin

Fimela.com, Jakarta Merokok memiliki banyak bahaya buat kesehatan. Tak hanya buat kesehatan si perokok, orang-orang di dekat perokok yang menghirup paparan asap rokok juga bisa merasakan bahayanya. Bahaya paparan asap rokok bahkan akan berkali-kali lipat terjadi pada ibu hamil dan janin di dalam kandungannya. 

Mengutip dari laman liputan6.com, paparan asap rokok bisa membuat tumbuh kembang janin di dalam kandungan melambat. Ini juga bisa membuat berbagai dampak buruk lainnya termasuk risiko keguguran dan janin lahir prematur.

Bahaya Paparan Asap Rokok

“Pengaruh rokok itu terbukti, semua sepakat dari hasil katakanlah meta analisa atau statistika review. Itu semua menunjukkan bahwa pengaruh rokok bisa membuat janin tumbuh lambat. Secara ilmiah antara rokok dan pertumbuhan janin, ini sudah terbukti dan sangat signifikan,” ungkap Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo.

Ibu hamil yang sering terpapar asap rokok bisa meningkatkan risiko janin di kandungan tumbuh melambat. Alhasil, risiko anak menjadi stunting lebih besar. Risiko anak mengalami kekerdilan atau mengalami berbagai masalah kesehatan juga semakin besar. Ini mengingat asap rokok bisa menghambat penyaluran oksigen dari ibu ke janin terganggu. 

Janin dari ibu yang terbiasa menghirup asap rokok juga sangat mungkin mengalami kelahiran sebelum waktunya atau prematur. Hasil penelitian menemukan jika ada lebih dari 22,6 persen bayi yang lahir dengan panjang kurang dari 48 centimeter dan 28,9 persen bayi lahir prematur.

Ibu Hamil Sebaiknya Jauh dari Paparan Asap Rokok

Para ahli menghimbau agar ibu hamil berada jauh-jauh dari paparan asap rokok. Ibu hamil dengan keluarga yang aktif merokok, sebaiknya lebih bijak untuk mencegah keluarga merokok di dekatnya. Seseorang yang aktif merokok sebaiknya juga memiliki kesadaran diri untuk merokok jauh dari anggota keluarga yang sedang hamil juga dari anak-anak terutama anak yang masih bayi. 

Semoga informasi ini bermanfaat. Mengingat begitu bahayanya merokok bagi kesehatan diri sendiri maupun orang lain, sebaiknya kita lebih bijak dalam menyikapi hal ini. 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading