Sukses

Health

Penyebab Muntah Kuning dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mengalami muntah? Muntah merupakan suatu kondisi yang sebenarnya cukup umum dan dialami oleh banyak orang. Penyebab dari muntah pun bermacam-macam, bisa karena mabuk perjalanan, kekenyangan dan lain-lain. Namun bagaimana jika muntah yang kamu keluarkan berwarna kuning?

Muntah kuning ternyata bisa disebabkan karena beberapa hal. Meskipun muntah merupakan kondisi yang bisa diatasi sendiri, namun tentunya tidak boleh disepelekan atau dianggap enteng. Cara mengatasi muntah kuning harus tepat sesuai dengan penyebabnya. Lalu apa saja penyebab muntah kuning?

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab muntah kuning. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini beserta cara mengatasinya.

Penyebab Muntah Kuning

1. Refluks empedu (bile reflux)

Empedu merupakan cairan berwarna kuning kehijauan yang diproduksi di hati dan disimpan di kantong empedu. Dalam kondisi normal, cairan empedu dikeluarkan ke usus untuk membantu proses pencernaan.

Namun, cairan empedu terkadang dapat masuk kembali ke dalam lambung dan kerongkongan, kemudian dimuntahkan bersama isi lambung. Hal ini biasanya terjadi saat seseorang terlambat makan dalam waktu lama.

2. Obstruksi saluran cerna

Obstruksi saluran cerna merupakan penyebab lain muntah kuning pada orang dewasa maupun anak-anak. Kondisi ini dapat terjadi ketika usus kecil atau usus besar tersumbat, sehingga menyebabkan penumpukan cairan dan makanan di dalam usus.

Akibatnya, tekanan di dalam saluran pencernaan pun meningkat dan memicu cairan atau makanan yang menumpuk kembali naik ke kerongkongan sehingga terjadilah muntah.

3. Riwayat operasi

Riwayat operasi lambung dan saluran empedu juga dapat meningkatkan risiko muntah berwarna kuning. Terjadinya muntah kuning ini bisa disebabkan oleh peradangan pada dinding lambung dan saluran empedu pascaoperasi.

 

Penyebab Muntah Kuning dan Cara Mengatasinya

4. Kehamilan

Morning sickness adalah gejala mual dan muntah yang umum terjadi pada masa awal kehamilan. Ketika frekuensi muntah yang dialami ibu hamil semakin sering, isi lambung menjadi berkurang sehingga yang dikeluarkan adalah muntahan yang mengandung cairan empedu. Hal inilah yang menyebabkan muntah berwarna kuning.

5. Radang usus buntu

Radang usus buntu dapat menimbulkan gejala berupa muntah kuning yang disertai dengan nyeri perut hebat. Kondisi ini tergolong berbahaya dan harus segera ditangani langsung oleh dokter.

6. Sindrom muntah berulang (cyclic vomiting syndrome)

Sindrom muntah berulang merupakan gangguan yang membuat penderitanya merasa mual dan muntah secara mendadak. Muntah yang dialami penderita CVS bisa cukup parah hingga membuatnya sulit makan dan minum. Ketika hal ini terjadi, penderita CVS bisa mengalami muntah kuning.

Hingga saat ini, penyebab terjadinya sindrom muntah berulang masih belum diketahui secara pasti. Kondisi ini lebih sering terjadi pada anak-anak, tetapi orang dewasa pun juga bisa mengalaminya.

Meski belum diketahui apa penyebabnya, gejala sindrom muntah berulang terkadang bisa kambuh akibat beberapa faktor, misalnya alergi, pilek, gangguan cemas, radang sinus, kelelahan, dan cuaca panas.

Selain beberapa kondisi di atas, muntah kuning juga bisa disebabkan oleh beberapa penyebab lain, seperti keracunan makanan, gastroenteritis, konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, penyakit asam lambung, dan tukak lambung.

Untuk mengetahui cara mengatasinya, kamu harus memastikan penyebabnya terlebih dahulu. Nah agar kamu bisa tahu pasti apa yang menjadi penyebab muntah kuning, kamu harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Nantinya dokter akan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading