Sukses

Health

Benarkah Minum Kopi Selama Kehamilan Bisa Menyebabkan Keguguran? Cek Faktanya

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat hamil. Termasuk memerhatikan asupan nutrisi setiap harinya. Mom harus lebih bijak dan hati-hati dalam memilih minuman pun makanan sehari-hari. Karena apa? Ketika Mom tidak bijak dalam memilih makanan dan minuman, ini bisa mengganggu kesehatan Mom pun janin. 

Mengutip dari laman theasianparents.com, konsumsi makanan atau minuman tertentu bisa meningkatkan masalah pada janin bahkan keguguran. Salah satu minuman yang bisa menyebabkan keguguran jika dikonsumsi saat hamil adalah kopi. Tapi, benarkah minum kopi bisa menyebabkan keguguran?

Konsumsi Kopi Saat Hamil

Bagi sebagian besar masyarakat, kopi dianggap sebagai salah satu minuman bernutrisi tinggi yang memberi sekian banyak manfaat buat kesehatan. Tapi, ini dengan catatan bahwa kopi dikonsumsi dalam porsi tepat. Ini juga sebaiknya dikonsumsi oleh perempuan yang sedang tidak hamil. 

Para ahli menyarankan agar ibu hamil menghindari konsumsi kopi. Atau, kalau memang Mom seorang pecandu kopi, sebaiknya konsumsi kopi tidak lebih dari satu cangkir setiap harinya selama hamil. Penelitian menyebutkan jika konsumsi kafein terutama yang terkandung dalam kopi bisa mengganggu kesehatan janin. Ini bahkan bisa meningkatkan risiko keguguran.

Pengaruh Kafein untuk Tumbuh Kembang Bayi

The American College of Obstetricians and Gynecologists mengungkapkan jika ibu hamil sebaiknya menghindari kafein selama hamil. Konsumsi kafein apalagi berlebih selama hamil bisa berpengaruh pada tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Konsumsi kafein bisa memicu kelahiran bayi dengan berat badan rendah, kurangnya nutrisi bahkan keguguran. 

Pada Mom, konsumsi kafein selama kehamilan bisa memicu meningkatkan tekanan darah, pusing, mengalami gangguan tidur, menyebabkan kecemasan, sakit perut dan diare. Konsumsi kafein juga bisa mengganggu kesehatan jantung. Kafein pada kopi yang dikonsumsi bersama gula juga bisa meningkatkan risiko diabetes serta obesitas. 

Selain kopi, beberapa minuman yang juga mengandung kafein antara lain teh dan cokelat. Sebaiknya Mom juga membatasi beberapa minuman tersebut. Mom juga disarankan untuk membatasi bahkan menghentikan konsumsi minuman beralkohol, bersoda atau mengandung pemanis buatan berlebih selama hamil. Ini demi menjaga kesehatan Mom serta janin agar lebih optimal. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading