Sukses

Health

Khas dengan Warna Biru atau Ungu Terang, Yuk Ketahui 3 Manfaat Bunga Telang

Fimela.com, Jakarta Bunga telang atau dalam bahasa latin disebut Clitoria ternatea adalah bunga asal Asia yang memiliki warna biru atau ungu yang cantik. Bunga telang sendiri sudah lama dimanfaatkan untuk diambil saripati warnanya entah untuk pewarna makanan atau pewarna kain. Selain diambil zat warnanya, bunga telang rupanya juga bisa dikonsumsi, loh. 

Kamu bisa mencampurkan bunga telang dengan bahan lain seperti jahe, mint, atau lemon untuk dijadikan minuman herbal simpel yang berkhasiat tentunya untuk tubuh. Bunga telang kaya akan antioksidan dan beberapa di antaranya adalah ternatin, kaempferol, asam p-coumaric, dan delphinidin-3,5-glucoside. Tak heran jika membuatnya menjadi salah satu tanaman yang kaya manfaat.

Dilansir dari healthline, berikut ini 3 manfaat dari bunga telang yang bisa kamu dapatkan.

Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2021 menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang dapat meningkatkan hidrasi kulit hingga 70%. Penelitian lain yang dilakukan pada hewan di tahun 2012 menemukan bahwa ekstrak bunga telang berpotensi lebih efektif dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan antioksidan yang melimpah pada bunga telang dapat diindikasikan bahwa bunga tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Meskipun begitu penelitian lebih lanjut tentang manfaat bunga telang untuk kulit dan rambut perlu dilakukan lebih lanjut.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bunga telang juga memiliki manfaat dalam upaya penurunan berat badan. Sebuah studi tabung reaksi menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang dapat memperlambat pembentukan sel lemak dengan mengatur jalur tertentu yang terlibat dalam perkembangan sel. Beberapa penelitian tabung dan hewan lain yang telah dilakukan lebih dahulu menunjukkan bahwa kandungan ternatin yang ditemukan dalam bunga telang juga dapat memblokir sintesis sel lemak dalam tubuh. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan teh bunga telang sebagai minuman herbal sehat dalam diet kamu.

Mengontrol Kandungan Gula Darah

Manfaat lain dari bunga telang yaitu dapat membantu mengurangi risiko diabetes dan gejalanya. Sebagai contoh sebuah penelitian pada 15 pria menunjukkan bahwa minum minuman yang mengandung ekstrak bunga telang mampu meningkatkan kadar antioksidan dan menurunkan kadar gula darah dan insulin dalam tubuh. Satu studi juga melaporkan bahwa sifat antioksidan bunga telang dapat melindungi terhadap kerusakan sel dan gejala yang berkaitan dengan diabetes. Meskipun begitu studi tambahan diperlukan untuk menentukan pengaruh bunga telang dalam pengontrolan gula darah dalam jangka panjang.

Pada dasarnya bunga telang tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi sewajarnya. Namun bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit khusus disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui aman tidaknya mengkonsumsi bunga telang. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading