Sukses

Health

Apa Penyebab Susah Bersendawa dan Cara Mengatasinya? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Bersendawa merupakan salah satu cara untuk meredakan lambung yang terasa tak enak, selain itu dengan bersendawa dapat menghilangkan ketidaknyamanan gas yang dapat dipicu oleh beberapa makanan. Biasanya seseorang akan bersendawa setelah mengonsumsi makanan yang terlalu banyak dan berat.

Bersendawa yang terjadi sendiri ternyata dapat melibatkan pelepasan gas dari saluran pencernaan mulut, sehingga seseorang yang bersendawa akan mengeluarkan udara yang tertelan saat makan maupun minum dan dikeluarkan. Biasanya udara yang keluar adalah campuran dari oksigen maupun nitrogen.

Tetapi, ternyata beberapa terkadang mengalami kesulitan untuk bersendawa saat mereka makan terlalu banyak. Apakah sulit bersendawa dapat menyebabkan masalah yang serius? Berikut beberapa penyebab seseorang mengalami kesusahan bersendawa:

Penyebab Susah Bersendawa

Kesulitan bersendawa ternyata dapat berkaitan dengan masalah fermentasi bakteri di dalam usus selama proses pencernaan makanan, biasanya proses ini akan menghasilkan gas didalam tubuh. Selain itu makanan maupun minuman saat mulut terbuka dan udara dapat masuk serta memenuhi saluran pencernaan. Maka dari itu udara yang sangat menumpuk dalam saluran pencernaan dan keluar dan membuat seseorang mengeluarkan gas melalui mulut yang disebut sendawa.

Selain itu jika kamu merasakan ketidakmampuan untuk bersendawa merupakan hal yang  jarang terjadi, meskipun begitu hal ini tak perlu kamu khawatirkan berlebih. Susah bersendawa dapar terjadi juga ketika sfingter esophagus pada bagian atas mengalami kehilangan kemampuan untuk melepaskan udara.

Cara Mengatasi Susah Bersendawa

  • Mengonsumsi Makanan Berserat

Salah satu cara untuk mengatasi susah bersendawa yang mungkin kamu rasakan adalah dengan mengonsumsi makanan yang berserat, ada baiknya untuk memilih makanan yang berserat dan larut. Karena jenis serat satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut di bagian usus, seperti makanan kacang-kacangan atau bauh-buahan.

  • Menelan Udara

Dengan menelan udara sendiri ternyata dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi susah sendawa yang kamu rasakan, kamu dapat membuang napas kemudian tarik napas sedalam-dalamnya dan tahan selama mungkin. Selain itu dengan menelan udara akan memaksa udara masuk ke tenggorokan dan menjadi salag satu cara otot sfingter berkontraksi.

  • Minuman yang Berkarbonasi

Minuman bersoda tentu membuat seseorang bersendawa terus menerus, biasanya jika kamu mengalami kesulitan untuk bersendawa dapat mengonsumsi minuman satu ini. Minuman yang berkarbonasi sendiri dapat menyebabkan penumpukan gas di bagian perut dan akan memicu sendawa.

Itulah beberapa penyebab seseorang mengalami kesulitan untuk bersendawa dan beberapa cara untuk mengatasinya, masalah satu ini merupakan hal yang normal akan tetapi jika kamu khawatir dapat mencoba beberapa cara diatas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading