Sukses

Lifestyle

Nggak Makan Apa-apa, Kenapa Kamu Sering Sendawa?

Fimela.com, Jakarta Hampir setiap kali kamu makan, pasi ada gas yang berusaha keluar melalui mulut dari lambungmu. Karena hal ini wajar, banyak orang yang nggak malu-malu lagi untuk sendawa di depan teman atau anggota keluarga. Padahal, hal ini bagi sebagian budaya di Indonesia atau luar negeri sangat nggak sopan. Selain itu, sendawa di depan orang juga bisa bikin orang lain merasa jijik, girls. 

Selain setelah makan, sebagian orang juga sendawa, lho. Padahal dia nggak merasa kenyang. Selain nggak sopan sendawa juga kadang berbau tak sedap. Seperti makanan yang sudah lama didiamkan atau bahkan berbau makanan yang tadi pagi atau semalam kamu makan. Soalnya, beberpa makanan dan obat tetap akan tertinggal baunya meskipun sudah lama kamu santap. 

Ternyata, menurut Prevention, setiap sendawa itu punya banyak makna, dan tentu saja juga sebagai tanda-tanda menurunnya kesehatanmu. Meskipun sendawa sendiri saja nggak bisa dijadikan acuan untuk memeriksa kesehatanmu, kamu tetap perlu waspada. Soalnya, dengan memerhatikan sendawamu, dari bau dan juga waktunya, kamu bisa mengira-ngira, apakah organ tentu sudah menurun fungsinya. 

Sendawa | via: brandondayton.com

Menurut Paul Berggreen, MD, ahli gastronomi dan pendiri Arizone Digestive Health mengatakan kepada media tersebut, gas yang ada pada usus, dengan kata lain, mungkin saja berhubungan dengan intoleransi makanan. Jadi maksudnya, sendawa ini juga bisa menjadi tanda kalau kamu termasuk orang yang punya intoleransi laktosa. 

Sayangnya, bukan cuma laktosa saja, girls. Orang yang banyak bersendawa juga mungkin saja punya intoleransi fraktosa (gula buah), atau juga bisa punya masalah penyerapan karbohidrat. Salah satu penyakit yang menimbulkan masalah ini adalah alergi makanan yang mencegah tubuh untuk menggunakan beberapa nutrisi, atau celiac desease. 

Ketahui Gejala Asam Lambung Akut yang Diderita Ade Juwita | via: byersfunctionalmedicine.com

Namun, hal ini cuma bisa diketahui melalui pemeriksaan dan tes di rumah sakit dan dokter. Prevention menulis, ada beberapa kebiasaan buruk saat makan yang kamu lakukan hampir setiap hari. Misalnya makan terlalu cepat, atau terlalu banyak minum minuman bersoda. Nah, kalau kamus ering makan terburu-buru, lebih baik mulai sekarang ubah kebiasaanmu. Juga kurangi minuman bersoda, ya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading