Sukses

Lifestyle

5 Fakta tentang Lambung yang Harus Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Sakit lambung merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling sering dikeluhkan banyak orang. Mulai dari mag hingga penyakit kronis lainnya. Namun, tahukah kamu, kalau cara makan dan juga perawatan lambung dilakukan dengan benar, semua keluhan tidak akan terjadi. 

Tapi, dengan syarat, kesehatan lambung harus tetap kamu jaga. Sayangnya, kamu bisa melakukan hal ini kalau kamu tahu banyak tentang lambung. Tak perlu menjadi ahli, tapi tak ada salahnya kamu mengetahui beberapa fakta tentang salah satu organ pencernaan ini. 

1. Lambung ternyata juga berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan. Dilansir dari Live Science, lambung bisa menampung 1 liter makanan sekaligus. 

2. Ada yang bilang, makanlah makanan yang lembut agar lambungmu tak terlalu keras bekerja. Tapi, lambung juga didesain untuk bisa menaruh makanan yang padat dan keras. Sehingga, lambung bisa mencernanya secara perlahan-lahan. 

Ilustrasi sakit lambung | via: kaskus.co.id

3. Lama waktu yang dibutuhkan lambung untuk mencerna ternyata tergantung makanannya. Semakin banyak lemak yang terkandung dalam makanan tersebut, akan semakin lama pula waktu yang dibutuhkan. Dilansir dari BBC, untuk mencerna makanan dibutuhkan waktu 4-6 jam, atau bahkan lebih lama lagi untuk mencerna makanan. 

4. Salah satu penyakit atau gangguan pada lambung adalah dyspepsia. Ini yang mungkin biasanya disebut begah. Dr. Lisa Ganjhu, profesor dari NYU Langone Medical Center mengatakan kepada Live Science, dyspepsia merupakan keadaan atau gejala pada lambung, termasuk ketika kamu merasa kekenyangan, megah pada saat makan, dan rasa sakit pada perut bagian atas. 

Ilustrasi Manfaat Sayuran

5. Ada beberapa tips dari Ganjhu untuk merawat lambung. Antara lain makan makanan yang sudah di potong kecil-kecil. Hindari minuman berkarbornasi. Makan makanan yang kaya akan serat, seperti sayuran dan juga buah-buahan. Dan, berhentilah merokok. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading