Sukses

Health

5 Cara Mudah Meningkatkan Sistem Imun Tubuh di Rumah

Fimela.com, Jakarta Imun tubuh berperan penting dalam menjaga tubuh dari berbagai risiko masalah kesehatan. Ini juga berperan penting dalam menghindarkan diri dari berbagai masalah penyakit. Saat musim hujan seperti sekarang ini, meningkatkan sistem imun sangatlah penting. Pasalnya, saat musim hujan tubuh lebih rentan terserang berbagai penyakit. Bakteri dan virus pun lebih mudah serta cepat berkembang biak di suhu udara yang rendah. 

Pandemi Covid 19 telah mengajarkan kita untuk hidup lebih sehat. Ini juga mengajarkan kita untuk menjaga imun tubuh agar stabil dan terjaga dengan baik. Mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan sistem imun di rumah. Apa saja? Simak yang berikut ini.

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Cara mudah pertama adalah konsumsi makanan bergizi seimbang. Pastikan untuk konsumsi sayur, buah, sumber karbohidrat, vitamin dan protein cukup setiap harinya. Usahakan untuk mengonsumsi aneka makanan ini dengan porsi yang cukup alisan tidak kurang dan tidak berlebihan.

Istirahat Cukup

Jangan lupakan untuk istirahat cukup jika ingin imunitas tubuh meningkat. Istirahat cukup berperan penting dalam menjaga stamina tubuh. Ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan fisik pun psikis. Seseorang setidaknya butuh waktu tidur selama 7 -8 jam setiap harinya. Tak hanya tidur cukup, tidur yang berkualitas juga sangat penting. 

Rutin Beraktivitas Fisik

Usahakan untuk rutin melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Ini akan menjaga imun tubuh dengan baik. Ini juga memungkinkan kita memiliki perasaan yang lebih bahagia. WHO merekomendasikan agar seseorang melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang sebanyak 150 jam perminggunya. Aktivitas fisik ini tak hanya meningkatkan sistem imun tetapi juga mengendalikan berat badan, menyegarkan pikiran dan menjaga kelenturan otot tubuh. 

Kelola Stres dengan Baik

Mengelola stres dengan baik juga memungkinkan kita memiliki sistem imun yang kuat. Saat kita terlalu mudah stres, panik dan cemas, ini memudahkan sistem imun menurun. Ini juga bisa bikin kesehatan fisik pun psikis mudah terganggu. 

Hindari Minuman Beralkohol dan Rokok

Sebisa mungkin untuk menghindari minuman beralkohol dan rokok. Zat adiktif yang terkandung dalam kedua hal ini bisa menurunkan sistem imun tubuh. Ini juga bisa meningkatkan berbagai masalah kesehatan berat yang memicu kematian. 

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Yang tak perlu dilupakan lagi, jangan segan untuk konsumsi vitamin C cukup setiap harinya. Bila perlu, konsumsi ramuan herbal dari rempah alami Indonesia untuk menunjang kesehatan harian. Semloga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading