Sukses

Health

Mengenal Hypnobirthing yang Bikin Proses Melahirkan Normal Minim Rasa Sakit

Fimela.com, Jakarta Proses melahirkan memang menjadi momen yang menegangkan sekaligus membahagiakan seorang ibu. Meski kini sudah banyak teknologi melahirkan, tidak sedikit calon ibu yang menginginkan proses melahirkan secara normal.

Salah satu alasannya karena proses pemulihannya yang relatif singkat dibandingkan sesar. Namun nyatanya, ada rasa takut yang membuat ibu hamil enggan mengambil proses melahirkan secara normal. Ketakutan inilah yang membuat calon ibu berpikir lagi untuk melahirkan secara normal.

Namun ternyata, kini hadir proses melahirkan normal yang minim rasa sakit. Adalah hypnobirthing yang diklaim dapat membantu ibu hamil mengelola pikiran dan perasaannya sehingga proses melahirkan secara normal bisa lebih tenang.

Metode hypnobirthing ini dilakukan dengan cara berbicara hal positif sambil mengendalikan alam bawah sadar, dan juga memberikan kata-kata baik agar dapat menenangkan selama proses persalinan berlangsung. Metode ini menggunakan teknik relaksasi, visualisasi, dan kesadaran untuk membantu ibu hamil berkonsentrasi pada tubuh dan kelahiran calon bayi. Manfaat lainnya dari hypnobirthing sendiri untuk memberikan pikiran yang tenang bagi calon ibu agar dapat ikut merasakan proses melahirkan tidak terasa menyakitkan melalui alam bawah sadar.

 

Dilakukan oleh calon ibu dan ayah

Dikhususkan lagi hypnobirthing untuk Ibu yang memiliki trauma terhadap persalinan dan juga mengendalikan rasa takut akan melahirkan. Dan juga, dengan melakukan metode ini maka ibu bisa melahirkan dengan cepat. Metode ini tidak hanya diperuntukan calon ibu saja, namun untuk calon ayah juga agar dapat lebih baik dalam memahami ibu secara fisik dan emosional. Hal ini membuat sang ayah juga dapat memahami lebih baik apa yang dialami pasangan mereka, secara fisik dan emosional.

Metode Hypnobirthing ini dilakukan oleh Kehamilan Sehat Prime Alam Sutera, klinik bersalin yang menyediakan kelahiran Pro Normal dan juga metode hypnobirthing.

 

Teknik dalam hypnobirthing

"Hypnobirthing menjadi solusi bagi Mom yang takut melahirkan, di hypnobirthing Ibu Hamil akan diberikan afirmasi positif sehingga Ibu Hamil dan Suami akan merasa lebih tenang dan lebih rileks. Cocok untuk Ibu Hamil yang melahirkan pertama kali atau Mommy yang sebelumnya punya rasa trauma," kata Ega dari Kehamilan Sehat selaku marketing manager.

Di Kehamilan Sehat Alam Sutera, Ibu Hamil akan diwadahi dengan terapis untuk melakukan metode pengendalian diri. Metode hypnobirthing di Kehamilan Sehat Alam Sutera membantu Ibu Hamil melakukan teknik pernafasan, teknik relaksasi, teknik visualisasi dan self hypnosis. Bahkan hypnobirthing juga bisa mengobati luka inner child yang dihadapi Ibu Hamil sebelumnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading