Sukses

Parenting

6 Hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Persalinan, Jangan Menunda-nunda!

Fimela.com, Jakarta Sebagai calon ibu baru, tentu ini akan menjadi pengalaman pertama untuk mengurus si kecil. Pada kehamilan pertama tak jarang sebagain besar Mom merasa bingung apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang lahiran. Ini tentu bukan menjadi hal yang sepele, karena aka nada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum lahiran.

Nah, jika Mom masih bingung apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang melahirkan, berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum kehamilan agar semakin siap. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Ikut Kelas Melahirkan

Melanisir dari papers.com (2/11), baik itu sebagai orangtua baru atau sudah berpengalaman, akan lebih baik untuk mengikuti kelas melahirkan. Mengikuti kelas dapat membantu Mom mempersiapkan persalinan secara fisik dan emosional. Dalam kelas melahirkan ini, Mom akan diajarkan tentang Teknik pernapasan, strategi meredakan nyeri, dan latihan untuk mempersiapkan kontraksi pasca persalinan.

2. Berkemas

Meskipun ini terlihat mudah, jangan tunda untuk mengemas beberapa barang yang perlu dibawah saat persalinan. Sebagian besar bayi, lahir di waktu yang tidak ditentukan, bisa saja mereka lahir melewati atau kurang dari tanggal yang telah ditetapkan.

3. Bebicaralah dengan Pendamping Persalinan

Pada umumnya pendamping persalinan adalah pasangan kita sendiri. Namun, tidak menutup kemungkinan orangtua, saudara kandung juga dapat mengambil peran ini. Pastikan Mom mendapatkan dukungan penuh dari pendamping persalinan.

4. Makan Makanan Sehat

Ketika masa kehamilan, tentu Mom akan memperhatikan setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh. Jika Mom masih saja cuek dengan makanan sehat, akan lebih baik pertimbangkan konsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin yang baik untuk janin. Selain baik untuk janin, tentu Mom membutuhkan energi yang digunakan saat melahirkan.

5. Olahraga Ringan

Selain makan dengan baik, berolahraga setiap hari dapat membantu tubuh mempersiapkan diri untuk persalinan. Berolahraga saat hamil dapat membantu memperkuat otot yang akan digunakan saat melahirkan. Para ahli merekomendasikan sekitar 30 menit olahraga sedang hampir setiap hari dalam seminggu.

6. Berlatih Teknik Relaksasi

Jika Mom mengikuti kelas persalinan, Mom mungkin akan mempelajari beberapa teknik relaksasi yang dapat membantu mempersiapkan persalinan. Yoga prenatal, meditasi, dan pernapasan dalam telah dikenal dapat mengurangi nyeri persalinan dan dapat membantu Mom meminimalkan kecemasan dan kekhawatiran umum tentang melahirkan dan perubahan besar yang ada di depan.

Nah, jadi segera persiapkan segalanya lebih awal ya Mom, karena kelahiran si kecil tidak dapat diprediksi, terkadang melebihi waktu yang ditentukan, bahkan ada juga yang lebih cepat dari yang ditentukan. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading