Sukses

Health

6 Obat Alami untuk Mengatasi Batuk yang Aman dan Ampuh

Fimela.com, Jakarta Batuk merupakan masalah kesehatan yang paling sering terjadi. Batuk sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Masalah kesehatan ini membuat kita merasa tidak nyaman apalagi saat bersama banyak orang. 

Batuk sebenarnya salah satu cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan tenggorokan dari bakteri maupu virus. Mengutip dari laman womenshealth.com, segala jenis batuk mulai dari batuk kering maupun batuk berdahak, disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Mengenai batuk, dengan istirahat cukup dan konsumsi air putih yang lebih banyak, perlahan tapi pasti akan menyembuhkan kita dari masalah batuk. 

Selain itu, ada beberapa obat alami untuk mengatasi batuk yang terbukti aman dan ampuh. Tak hanya mengobati batuk, obat alami ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut beberapa obat alami untuk batuk tersebut.

Teh Madu Hangat

Obat alami pertama untuk mengatasi batuk ada teh madu hangat. Teh yang diseduh bersama madu hangat bisa meredakan batuk secara perlahan. Nutrisi yang terkandung pada madu bisa melegakan tenggorokan yang kering dan gatal karena batuk. Obat alami ini juga cocok untuk anak-anak di atas satu tahun.

Jahe

Jahe adalah obat batuk alami selanjutnya. Cara memanfaatkan jahe sendiri sangat mudah. Geprek satu rimpang jahe kemudian seduh bersama air hangat dan madu. Konsumsi secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari untuk dapatkan hasil yang lebih maksimal. Jahe kaya antioksidan yang bermanfaat pula untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Kencur

Rempah juga sebagai obat batuk alami yang terbukti aman dan ampuh. Cara menggunakan kencur cukup mudah. Parut kemudian seduh dengan air hangat dan minum. Atau kamu bisa mengunyahnya secara langsung setelah dicuci bersih. Selain mengobati batuk, kencur bermanfaat meningkatkan nafsu makan.

Larutan Air Garam

Atasi batuk dengan berkumur dengan air garam. Mengutip dari laman WebMD.com, air garam bisa bantu membunuh bakteri dan kuman penyebab batuk di mulut. Air garam juga bermanfaat mengurangi lendir di tenggorokan.

Buah Nanas

Buah nanas juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk. Buah nanas mengandung bromelain yang bermanfaat meredakan batuk secara alami. Cara memanfaatkan nanas untuk obat batuk adalah dengan mengonsumsi buah nanas atau membuatnya sebagai jus. Sebaiknya konsumsi buah nanas hingga bagian inti atau tengahnya.

Daun Peppermint

Dan peppermint juga dikenal sebagai obat batuk alami. Cara memanfaatkan daun peppermint adalah menjadikannya teh. Kamu juga bisa menyeduhnya dengan air hangat kemudian menghirup uap seduhan tersebut. 

Itulah sekian obat batuk alami yang terbukti aman dan ampuh. Jika dalam waktu lebih dari dua minggu batuk tak kunjung sembuh, jangan segan untuk memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter ahlinya. Pastikan untuk memiliki istirahat cukup dan konsumsi air cukup selama batuk. Hindari pula aneka makanan yang bisa memperparah batuk seperti gorengan dan makanan pedas.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading